Arus Balik, Menteri PMK Muhadjir Effendy Cek Kesiapan Pelabuhan Panjang Lampung

Arus Balik, Menteri PMK Muhadjir Effendy Cek Kesiapan Pelabuhan Panjang Lampung

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Indonesia Muhadjir Effendy mengunjungi Pelabuhan Panjang, Selasa (25/4).

Menteri PMK meninjau Pelabuhan Panjang bersama dengan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto dan stakeholder terkait.

Menteri Muhadjir Effendy secara langsung melihat kesiapan Pelabuhan Panjang yang digunakan untuk mengangkut para pemudik dari Sumatera ke Pulau Jawa.

BACA JUGA:Peserta Sekura Kobes Bergerak Bubalos Belin ke Beberapa Pekon

Menteri PMK Muhadjir Effendy mengatakan, pihaknya datang ke Pelabuhan Panjang melakukan kegiatan peninjauan persiapan arus balik pemudik.

"Jadi nanti truk dari Pelabuhan Panjang ke Pelabuhan Indah Kiat, sementara pemudik pemotor dari Pelabuhan Panjang ke Pelabuhan Ciwandan," kata  Muhadjir Effendy, Selasa (25/4).

Ia mengatakan, sopir mobil pribadi tetap dialihkan ke Pelabuhan Bakauheni, ketika terjadi lonjakan maka akan dialihkan ke Pelabuhan BBJ (Bandar Bakau Jaya) milik swasta menuju ke Pelabuhan Ciwandan. 

BACA JUGA:4 Syawal, Pesta Sekura Empat Pekon di Lambar Berlangsung Seru

Sopir mobil truk dengan  pengangkutan akan dinaikan ke Pelabuhan Panjang nanti turun di Pelabuhan Indah Kiat.

"Kalau waktu arus mudik kemarin dari Pelabuhan Ciwandan ke Pelabuhan Panjang, sekarang untuk Ciwandan khusus sepeda motor," kata Muhadjir.

Hanya memang karena kapal besar dengan membutuhkan 150 kendaraan truk minimum untuk bisa berlayar.

BACA JUGA:Belasan Tahun Vakum, Pekon Bedudu Kembali Gelar Sekura dengan Meriah

"Maka terpaksa sopir truk harus menunggu sampai cukup paling tidak separuh dari kapasitas baru akan bisa berangkat," kata Muhadjir.

Ia mengatakan, pihaknya memohon kepada pengemudi truk yang akan menyeberang bisa bersabar menunggu teman-temannya semasa pengemudi truk yang juga sedang menyeberang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: