Gerhana Matahari, Pertanda Besok Idul Fitri?

Gerhana Matahari, Pertanda Besok Idul Fitri?

Ilustrasi-freepik.com-

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Fenomena gerhana matahari hibrid terjadi hari ini, Kamis 20 April 2023, bertepatan pada hari ke 29 Ramadhan 1444 Hijriah.

Gerhana matahari terjadi saat bulan berada pada posisi sejajar di antara bumi dan matahari.

Saat fenomena ini terjadi, cahaya matahari di sejumlah wilayah akan tertutup oleh bayangan bulan.

Gerhana matahari sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, diantaranya gerhana matahari total, gerhana matahari sebagian, gerhana matahari cincin dan gerhana matahari hibrid.

BACA JUGA:Independensi Wartawan (1)

Pada gerhana matahari total permukaan matahari akan sepenuhnya tertutup oleh bayangan bulan dan menyebabkan permukaan bumi yang dilalui fenomena ini akan menjadi gelap seakan menjadi malam hari.

Gerhana matahari sebagian yakni saat bayangan bulan hanya menutupi sebagian permukaan matahari.

Kemudian, pada gerhana matahari cincin bayangan bulan hanya akan menutupi bagian tengah matahari dan menyisakan cahaya matahari di sisi luar bayangan bulan sehingga membentuk lingkaran cahaya seperti cincin.

Sedangkan jenis gerhana matahari hibrid adalah fenomena dimana gerhana matahari total dan gerhana matahari cincin terjadi berurutan dalam satu waktu.

BACA JUGA:Polda Lampung Lakukan Pengecekan Terkini Arus Mudik di Pelabuhan Bakauheni

Fenomena gerhana matahari pada umumnya merupakan pertanda datangnya bulan baru karena terjadi saat matahari, bulan, dan bumi berada dalam satu garis lurus.

Posisi ini terjadi ketika bulan baru, yaitu saat matahari dan bulan mengalami konjungsi (ijtimak).

Umat Islam di seluruh dunia menggunakan dua metode dalam menentukan bulan baru Hijriah, kedua metode tersebut yakni Rukyatul Hilal dan Hisab.

Metode Rukyatul Hilal merupakan metode yang biasa dipraktekkan pada zaman Nabi Muhammad SAW, termasuk dalam menentukan waktu-waktu ibadah harian seperti shalat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: