Kapolres Pesbar Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Krakatau Tahun 2023

Kapolres Pesbar Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Krakatau Tahun 2023

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Polres Pesisir Barat (Pesbar) melaksanakan kegiatan apel gelar pasukan operasi ketupat krakatau tahun 2023, kegiatan itu dipusatkan di Lapangan Merdeka Labuhan Jukung Kecamatan Pesisir Tengah, Kabupaten setempat, Senin (17/4/2023).

Kegiatan apel gelar pasukan operasi ketupat krakatau tahun 2023 yang mengusung tema Mudik Aman Berkesan itu dipimpin langsung oleh Kapolres AKBP Alsyahendra, S.Ik, M.H., yang dihadiri oleh Wakil Bupati (Wabup) Pesbar A.Zulqoini Syarif, S.H., Ketua DPRD Pesbar Agus Cik, Danramil 422-03/Pesisir Tengah Kapten Inf Asyadi, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab setempat, dan pihak terkait lainnya.

Kegiatan apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan operasi ketupat tahun 2023. Kegiatan yang dilaksanakan itu juga merupakan wujud nyata sinergitas Polri dengan Stakeholder terkait dalam rangka mengamankan mudik dan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Kapolres Pesbar AKBP Alsyahendra, S.Ik, M.H., saat menyampaikan amanat Kapolri bahwa kerja keras bersama pada pengamanan mudik lebaran tahun lalu mendapatkan apresiasi dari masyarakat. 

BACA JUGA:Satker PJN Wilayah II Sediakan Posko Istirahat Bagi Pemudik di Jalan Liwa-Krui

Berdasarkan survei indikator periode 5 sampai dengan 10 Mei 2022, terdapat 73,8 persen masyarakat merasa puas atas kinerja Pemerintah dalam penyelenggaraan dan penanganan arus mudik tahun 2022.

“Penilaian positif tersebut harus menjadi pemacu semangat. Sehingga pengamanan mudik tahun 2023 mampu dilaksanakan dengan lebih baik lagi,” jelasnya.

Ditambahkannya, sesuai dengan amanat Kapolri bahwa, Polri bersama stakeholder terkait berkomitmen untuk melaksanakan pengamanan secara lebih optimal, melalui operasi terpusat dengan sandi “Ketupat 2023” selama 14 hari, sejak 18 April sampai dengan 1 Mei 2023 mendatang. 

Operasi ini telah diawali dengan KRYD yang dilaksanakan pada tanggal 10-16 April 2023 lalu, dan akan dilanjutkan pasca operasi tanggal 2-9 mei 2023 mendatang.

BACA JUGA:Bukber dan Berbagi Takjil Tandai Pembukaan Posko Pelayanan Mudik Batu Kebayan

“Operasi ketupat 2023 melibatkan 148.261 personel gabungan yang terdiri dari TNI-Polri, Kementerian terkait, BNPB, BMKG, Basarnas, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, Satpol Pp, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka dan Mitra Kamtibmas lainnya,” katanya.

Dikatakannya, Kapolri juga menekankan dalam pelaksanaan Operasi Ketupat 2023,  salah satunya terkait dengan permasalahan lakalantas. 

Untuk itu perlu dilakukan optimalisasi langkah-langkah preventif dengan menempatkan personel dan melengkapi rambu pada titik-titik rawan kecelakaan. 

Tingkatkan juga himbauan kepada masyarakat agar memilih waktu perjalanan pada siang hari, guna mengurai kepadatan volume kendaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: