Mulai H-7 Lebaran, Kendaraan Bermotor dan Truk Angkutan Barang Dialihkan ke Pelabuhan Ciwandan

Mulai H-7 Lebaran, Kendaraan Bermotor dan Truk Angkutan Barang Dialihkan ke Pelabuhan Ciwandan

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung, Bambang Sumbogo--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Selama 14 hari yakni mulai H-7 hingga H+7 lebaran hari raya Idul Fitri pemudik menggunakan sepeda motor maupun truk angkutan barang tidak lagi menggunakan Pelabuhan Merak, namun akan dialihkan ke Pelabuhan Ciwandan di Cilegon, Provinsi Banten.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung, Bambang Sumbogo mengatakan, pemudik yang akan melakukan penyeberangan menggunakan Pelabuhan Ciwandan nantinya akan bersandar di Pelabuhan Bakauheni dan Panjang yang sudah diatur oleh Ferizy.

BACA JUGA:Rebutan Masuk Surga

"Jadi dipastikan H-7 sampai H+7 semua truk dan motor tidak boleh lewat Merak - Bakauheni. Dan nantinya kendaraan yang lewat Ciwandan hanya ada dua apakah ke Bakauheni atau ke Panjang dan semua sudah diatur di Ferizy," kata Bambang, Kamis (6/4).

Ia menjelaskan, dari Pelabuhan Ciwandan ke Panjang akan disiapkan 3 unit kapal dimana 1 unit milik PT. Pelni dan 2 unit milik PT Atosim Lampung Pelayaran (ALP). Sementara untuk ke Pelabuhan Bakauheni telah disiapkan 12 unit kapal.

BACA JUGA:Diduga Aniaya Seorang Pemuda, Pria Ini Diringkus Polisi

"Dermaga nya 5 yaitu dermaga 2, 3, 5A, 6 dan 7 dengan rencana trip per hari ada 24. Untuk yang ke Bakauheni ini antisipasi pemudik yang di Lampung Selatan. Sedangkan Panjang ini untuk yang ke daerah barat seperti Tanggamus dan sebagainya," jelasnya. 

Menurutnya, realisasi pemudik pada tahun 2022 yang menggunakan angkutan penyeberangan sebanyak 1.124.756 penumpang dan untuk kendaraan 242.662 unit kendaraan.

BACA JUGA:Polres Pesisir Barat Bahas Operasi Ketupat Krakatau 2023

"Tahun ini prediksinya naik 3 persen, sehingga untuk penumpang 1.158.499. Sedangkan kapasitas tersedia 2.112.000 orang. Dan untuk kendaraan 249.942 kendaraan dengan kapasitas tersedia 400.686 kendaraan," pungkasnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: