Delapan Pantangan saat Anda Batuk. Simak Ulasannya?

Delapan Pantangan saat Anda Batuk. Simak Ulasannya?

Ilustrasi-tangkapan layar-

Medialampung.co.id - Apa saja sih yang tidak boleh kita lakukan atau sebaiknya kita hindari pada saat kita sedang batuk atau batuk pilek dan biasanya orang batuk pilek juga disertai dengan radang tenggorokan.

Batuk sendiri sebenarnya merupakan refleks dari tubuh kita untuk mengeluarkan benda asing yg merupakan salah satu sistem pertahanan tubuh kita.

Apakah itu bagus? Bagus, berarti sistem pertahanan tubuh kita masih bekerja dengan baik.

Tapi kalau batuknya terus menerus sampai mengganggu tidur sampai mengganggu aktivitas, ini juga tidak baik.

Jadi selain Anda mengkonsumsi obat yang diberikan oleh dokter anda juga perlu memperhatikan hal-hal yang tidak boleh dilakukan atau sebaiknya dihindari yaitu sebagai berikut.

BACA JUGA:Kebiasaan Minum Teh Saat Puasa, Begini Efeknya!

Ada sekitar 8 makanan-makanan atau hal-hal yang perlu kita hindari pada saat kondisi sedang batuk-batuk, pilek disertai sakit tenggorokan itu biasa satu paket

 

1. Makanan Minuman Tinggi Gula 

Jadi buat anda yang suka manis-manis lebih baik dihindari. Bahkan kita dalam kondisi normal pun tidak sakit sebaiknya jangan terlalu banyak atau jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan yang tinggi gula.

Gula bisa menyebabkan peradangan dalam tubuh kita. Apalagi ketika kita sedang batuk pilek atau infeksi oleh bakteri, virus biasa kita sebut kuman. Itu artinya terjadi peradangan di sana. So, makanan-makanan yang menyebabkan peradangan sebaiknya dihindari.

 

2. Makanan-makanan Junk Food.

Kita tahu makanan-makan junk food juga tidak baik buat kesehatan.  Jadi selain tinggi radikal bebas makanan junk food ini juga punya efek meningkatkan peradangan dalam tubuh.

 

3. Hindari Makanan Pedas dan Berminyak

Pada saat Anda lagi batuk lagi radang tenggorokan hindari dulu makanan-makanan yang terlalu pedas serta berminyak, bahkan pada saat kondisi sehat pun makanan ini tidak boleh terlalu sering anda konsumsi.

BACA JUGA:Bawa 92 Butir Pil Aprozolam, Seorang Pemuda Diamankan Polisi

 

4. Es Krim 

Ada yang berpendapat bahwa lagi radang tenggorokan lagi panas, enaknya nih minum yang dingin-dingin.

Makan es krim pada beberapa orang makan makanan yang dingin seperti es atau es krim justru akan membuat tenggorokannya lebih tidak nyaman.

Kemudian pada es krim juga biasanya akan tinggi gula dan ada pengawet juga pemanis, coba anda baca di kemasannya.

Boleh anda jika mau konsumsi buah-buahan itu silakan, carilah buah-buahan yang segar kalau anda ingin yang segar-segar.

 

5. Hindari Pencetus Alergi

Karena salah satu penyebab batuk juga bisa karena alergi. Jadi kalau ada yang batuknya karena alergi anda bisa hindari dulu makanan-makanan yang memicu alergi Anda. Contohnya kacang-kacangan kemudian telur, seafood. Dan juga kalau ada yang alergi dengan debu hindari dulu. menghindari itu lebih baik daripada kita mengobati.

 

6. Hindari Konsumsi Kafein dan Alkohol

Terutama bagi anda yang sedang mengkonsumsi obat, kafein ini bekerja membuat denyut jantung kita lebih cepat. Kemudian dia akan membuang cairan dalam tubuh. 

Sebaiknya dihindari dulu ketika anda sedang batuk pilek atau radang tenggorokan.

BACA JUGA:Wartawan Diintimidasi Oknum Polisi saat Meliput Aksi Unjuk Rasa di Depan Gedung DPRD Lampung

 

7. Hindari Asap Rokok dan Polusi Lainnya

Kalau ini sudah tidak usah dijelaskan panjang lebar anda semua sudah tahu kalau asap rokok tidak baik untuk sistem pernapasan kita

 

8. Jangan Begadang 

Jadi ketika anda sakit sakit apapun itu, harus istirahat yang cukup apalagi anda sedang terkena infeksi. Batuk pilek Anda membutuhkan istirahat yang

cukup, tidak usah begadang kalau tidak ada perlunya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: