Mudahkan Layanan Haji, Pemerintah Terapkan Visa Biometrik

Mudahkan Layanan Haji, Pemerintah Terapkan Visa Biometrik

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID -  Kantor Kementerian Agama bersama Kepala KUA Se-Kabupaten Lampung Barat melaksanakan Rapat Koordinasi terkait persiapan Pemberangkatan Haji Tahun 2023 Bertempat di Kantor kemenag setempat, Senin (27/3/2023).

Rakor yang dilaksanakan tersebut diantaranya membahas tentang penjadwalan pelunasan biaya haji, waktu rekam medis, pembuatan paspor hingga pembuatan visa.

Terkait pembuatan Visa, Kasi penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Hi. Pirdaus Sablie M.Pd.I., menyampaikan bahwa Kemenag telah menerapkan aplikasi Saudi Visa Bio yang sudah menjadi kesepakatan antara Kemenag dengan pihak otoritas Arab Saudi untuk memudahkan jemaah haji dalam membuat visa tanpa perlu mengunjungi kedutaan dan konsulat Arab Saudi untuk penerbitan visa bagi para Calon Jemaah Haji.

BACA JUGA:Cegah Peredaran Makanan Berformalin, Polsek Balik Bukit dan Puskesmas Sidak Pasar Tradisional

"Untuk itu, pentingnya kita melaksanakan pembahasan terkait teknis pembuatannya melalui aplikasi ini. Terutama para calon Jemaah haji kita ini banyak yang sudah memasuki usia lansia, maka dikhawatirkan akan mengalami kesulitan karena ini sepenuhnya memerlukan kecakapan teknologi," jelasnya.

Secara teknis, aplikasi ini dapat merekam biometrik jemaah haji sebagai syarat penerbitan visa. 

Saat jemaah belum melakukan perekaman, akan terkonfirmasi pada sistem MoFA (The Ministry of Foreign Affairs/Kementerian Luar Negeri) saat dilakukan proses Fill Mofa Form (FMF).

BACA JUGA:Atur Zakat Warga Gubernur Lampung Keluarkan SE

"Jika terkendala saat melakukan perekaman karena kondisi tertentu, maka jemaah harus menyertakan Surat Keterangan Dokter yang kemudian di-upload pada Aplikasi Saudi Visa Bio," lanjutnya.

Sementara itu, Kasubbag TU Miftahus Surur M.Si., meminta kepada seluruh Kepala KUA untuk memaksimalkan energinya membantu kelancaran layanan bagi para calon Jemaah haji. 

Berbagai tahapan sampai dipastikan keberangkatan ke Arab Saudi dipastikan membutuhkan kesabaran dan keseriusan dalam memberikan pelayanan.

BACA JUGA:Kerahkan Pengurus dan Simpatisan, DPD PKS Lambar Bagikan 950 Paket Takjil

"Saya berharap agar rapat pada hari ini dapat memberikan hasil yang maksimal. Jadi harus dibahas satu persatu sampai tuntas, dari mulai kebijakan hingga teknisnya. Misalnya, untuk rekam medis (Medical Check Up), maka harus dipastikan kebijakannya seperti apa, lalu teknisnya mau seperti ini. Ini dituntaskan. Demikian untuk perekaman visa melalui aplikasi Saudi Bio, ini agar dibahas sampai tuntas. Intinya, saya harap tidak ada calon Jemaah yang merasa tidak terlayani dengan baik," ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa Aplikasi Saudi Visa Bio bisa langsung diunduh melalui Google Playstore dan App Store. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: