Kesembilan Kalinya, PKBI Cabang Lambar Gelar AB.KRAB.M

Kesembilan Kalinya, PKBI Cabang Lambar Gelar AB.KRAB.M

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Cabang Lampung Barat untuk kesembilan kalinya menggelar Apel Besar Kesadaran Remaja Berhenti Merokok (AB.KRAB.M).

Kegiatan kali ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Liwa, Senin (20/3/2023), setelah delapan kegiatan sebelumnya dilaksanakan di SMPN 1 Liwa, SMPN 2 Liwa, SMPN 3 Liwa, MTs Darul Ulum Wa Al Hikmah Pekon Padang Cahya, SMAN 1 Liwa, MAN 1 Lampung Barat, SMKN 1 Liwa dan SMPN 4 Liwa.

"Kegiatan tersebut dilakukan bersamaan dengan Upacara Senin di sekolah tersebut," kata Sekretaris PKBI Cabang Lambar Sandarsyah mendampingi Ketua PKBI Cabang Lambar Partinia, Senin (20/3/2023).

BACA JUGA:Taufik Wijaya Resmi Nahkodai DPD PJS Lampung 2023-2028

Kata Sandarsyah, sebagai Pembina Upacara dalam kegiatan tersebut adalah Wakil Ketua PKBI Cabang Lampung Barat, Tono Suparman, serta dihadiri oleh Kepala SMAN 2 Liwa Budi Wiryawan, dan segenap jajaran guru, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Ira Permata Sari, Dinas Pengendalian Penduduk, KB, PP dan PA Cahyadi, Bendahara DPC Granat Lambar Devidson Ali, beserta jajaran pengurusnya dan Sekretaris PKPPI Cabang 08.05/Lampung Barat, David Kurniadi beserta jajarannya.

Menurut Sandarsyah, dalam kegiatan tersebut terdapat 21 siswa yang mengucapkan Tri Ikrar sekaligus menandatangani surat pernyataan berhenti merokok.

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka untuk mempublikasikan dan mempromosikan kepada siswa yang atas kesadaran sendiri untuk berhenti merokok. 

BACA JUGA:Sambut Ramadhan, Sekolah Libur Tiga Hari

"Tujuan AB.KRAB.M ini adalah untuk meningkatkan pemahaman, sikap dan perilaku remaja (siswa) dalam aspek Promotif dan Preventif serta memberikan motivasi kepada remaja (siswa) agar dapat  memahami bahaya akibat merokok," kata dia.

Disamping itu, lanjut dia, dalam kegiatan ini PKBI Cabang Lampung Barat mensosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yaitu sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat. 

Dikatakannya, ada tujuh langkah Germas yang dapat menjadi panduan menjalani pola hidup yang lebih sehat bagi masyarakat, yang salah satu adalah tidak merokok. 

BACA JUGA:Komunitas Virtual Lambar Gelar Kegiatan Bertajuk Healing Camp

Enam langkah yang lain adalah, melakukan aktivitas fisik, mengkonsumsi buah dan sayur, tidak mengkonsumsi minuman beralkohol, melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala, menjaga kebersihan lingkungan, serta menggunakan jamban.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: