Polres Pringsewu Lakukan Pengamanan Upacara Melasti Menyambut Hari Raya Nyepi

Polres Pringsewu Lakukan Pengamanan Upacara Melasti Menyambut Hari Raya Nyepi

--

PRINGSEWU, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Umat Hindu se-Kabupaten Pringsewu mulai memadati pure Melasti Segara Tri Dharma di Pekon Panggungrejo Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Pringsewu Minggu (20/3).

Disana, umat Hindu melaksanakan Upacara Melasti dalam rangka menyambut Hari Raya Nyepi tahun Baru Saka 1945.

BACA JUGA:Kurangi Kemiskinan di Lambar, Disbunnak Lambar akan Alokasikan Bantuan

Panitia Melasti, Suparmo mengatakan upacara penyucian alam semesta atau Melasti merupakan rangkaian ibadah menyambut Hari raya Nyepi yang dilaksanakan disekitar mata air, sungai atau laut. 

Puncak ibadah Melasti diakhir dengan pelarungan beberapa unggas berupa bebek atau angsa dan juga sesajen ke sungai way sekampung. 

BACA JUGA:Jalin Silaturahmi Jelang Ramadhan, MTBM Al-Islamiah Belalau Pengajian Akbar di Pekon Kenali

Dimana memiliki makna menghanyutkan atau melebur semua kekuatan, kotoran atau energi negatif dan juga wujud melestarikan alam.

"Kami berharap acara ini dapat menjadi penyatu dan meningkatkan religius atau ketaqwaan seluruh umat Hindu se-Kabupaten Pringsewu," pesannya.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Takjil Sehat Untuk Berbuka

Untuk mengamankan acara tersebut, Polres Pringsewu Polda menerjunkan ratusan Personel gabungan di lokasi kegiatan.

Kapolsek Sukoharjo Iptu Poltak Pakpahan mewakili Kapolres Pringsewu AKBP Rio Cahyowidi mengatakan, Polres Pringsewu menerjunkan personel gabungan TNI-Polri.

BACA JUGA:MIN 2 Lambar Jadi Satu-Satunya Madrasah yang akan Terapkan Program Kantin Digital

Selain TNI-Polri, pengamanan ini juga melibatkan sejumlah organisasi keagamaan dan kemasyarakatan seperti pecalang, Banser, Pokdar Kamtibmas dan FKPM.

"Kami berharap dengan pengamanan ini seluruh rangkaian kegiatan yang dilaksanakan umat Hindu dalam rangka menyambut hari raya Nyepi dapat berjalan dengan aman dan tertib," ungkapnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: