Seluruh Kegiatan Ibadah dan Perayaan Ramadhan - Idul Fitri 1444 H Dipastikan Kembali Normal

Seluruh Kegiatan Ibadah dan Perayaan Ramadhan - Idul Fitri 1444 H Dipastikan Kembali Normal

Kasubbag TU Kankemenag Lambar Miftahus Surur, M.Si.--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Pelaksanaan ibadah bulan suci ramadhan 1444 Hijriyah tahun 2023 ini akan menjadi ibadah yang penuh khusyu dan disambut dengan suka cita oleh umat muslim. 

Setelah dua tahun lebih diterpa pandemi Covid-19 yang berdampak pada pembatasan segala aktivitas masyarakat termasuk kegiatan ibadah.

 BACA JUGA:Jadi Korban Longsor di Jukuh Batu, Warga Lambar Ditemukan Meninggal Dunia

Namun tahun ini segala aktivitas masyarakat telah dinormalkan seiring dengan telah dicabutnya pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) oleh Satgas Covid-19.

Untuk persiapan menyambut hari besar umat muslim ini, berbagai persiapan telah dilakukan oleh kantor kementerian agama, tak terkecuali di Kabupaten Lampung Barat. 

BACA JUGA:Peratin Purawiwitan dan Kapolsubsektor Keliling Semangati Warga Jalankan Ronda

Meski hingga kini kankemenag Lambar masih menunggu surat edaran (SE) pusat perihal panduan atau maklumat pelaksanaan bulan suci Ramadhan dan lebaran Idul Fitri 1444 H, namun secara umum pihaknya memastikan seluruh rangkaian ibadah akan berjalan normal.

Kepala Kankemenag Drs. Hi Muhammad Yusuf, M. M.Pd., melalui Kasubbag TU Miftahus Surur M.Si., mengatakan dalam rangka menyambut bulan ramadhan dan lebaran Idul Fitri 1444 H. 

BACA JUGA:Pemkab Lambar Diminta Percepat Realisasi Pembangunan Jalan Menuju Lumbok Seminung

Pihaknya telah melangsungkan rapat koordinasi bersama Pemkab Lambar serta sejumlah lembaga terkait untuk membahas rangkaian pelaksanaan ibadah mulai dari pelaksanaan salat tarawih, safari Ramadhan, sholat Idul Fitri hingga Halal bil Halal.

“Tentunya pelaksanaan ibadah di bulan suci Ramadhan hingga perayaan Hari Raya Idul Fitri tahun 2023 ini berbeda dengan dua tahun sebelumnya, jika sebelumnya rangkaian ibadah kita terbatas akibat wabah Covid-19, namun tahun ini alhamdulillah semuanya akan kembali seperti biasa,” ungkap M Surur, Rabu (15/3).

BACA JUGA:DP2KBP3A Lambar Bekali Tim Pendamping Keluarga Penggunaan Aplikasi Elsimil

Hanya saja, lanjutnya untuk panduan tekhnis terkait pelaksanana ibadah pihaknya masih menunggu maklumat dari Kemenag RI. 

“Untuk agenda atau kegiatan bulan ramadhan sudah kita persiapkan, tetapi tetap kita masih menunggu Surat Edaran dari pusat dulu untuk nantinya kita tindaklanjuti, namun secara umum kita mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar tetap menjaga kesehatan serta keamanan selama menjalan ibadah bulan ramadhan hingga lebaran,” pesannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: