Pemkab Lambar Diminta Percepat Realisasi Pembangunan Jalan Menuju Lumbok Seminung

Pemkab Lambar Diminta Percepat Realisasi Pembangunan Jalan Menuju Lumbok Seminung

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Warga Kecamatan Lumbok Seminung, Kabupaten Lampung Barat meminta Pemkab Lambar agar dapat mempercepat pembangunan ruas jalan utama menuju kecamatan itu.

Demikian diungkapkan Andi Pitrian salah satu tokoh masyarakat ditengah pelaksanaan gotong royong perbaikan badan jalan yang dilakukan secara swadaya oleh masyarakat setempat.

Ia menyampaikan terimakasih kepada Pj Bupati Lambar dan DPRD yang dalam rencana kerja pemerintah tahun anggaran 2023 ini di dalamnya tertuang skala prioritas pembangunan untuk Kecamatan Lumbok Seminung salah satunya pembangunan ruas jalan jalan Sukau-Lumbok Seminung yang diumumkan pada musrenbang tingkat kecamatan di Pekon Tawan Sukamulya beberapa waktu lalu.

"Tapi mohon maaf dan mohon izin karena keadaan jalan Sukau-Lumbok Seminung ini kondisinya semakin rusak parah maka kami melakukan perbaikan secara swadaya sembari menunggu dengan penuh harap supaya pembangunan jalan ini dipercepat," ungkapnya.

BACA JUGA:DP2KBP3A Lambar Bekali Tim Pendamping Keluarga Penggunaan Aplikasi Elsimil

Percepatan pembangunan yang dimaksud, kata dia, dari semula dijadwalkan pada Juli 2023 mendatang, dapat direalisasikan dalam waktu dekat atau sebelum lebaran Idul Fitri 1444 H mendatang.

"Itu kan sifatnya usulan atau aspirasi. Syukur-syukur jika ada bantuan secara individual dari para pejabat untuk menambah dana swadaya dari masyarakat untuk perbaikan sementara," ucapnya.

Sebab, jalan itu merupakan sarana vital bagi perekonomian masyarakat di Kecamatan Lumbok Seminung. 

Mengingat jalan itu merupakan satu-satunya akses utama menuju kecamatan setempat sehingga menjadi urat nadi kehidupan  masyarakat di 11 pekon kecamatan setempat.

BACA JUGA:Ketersediaan Beras di Lambar Capai 28.715 Ton, Aman Hingga Lebaran

“Jalan ini merupakan akses satu satunya masyarakat membawa hasil bumi, seperti kopi, alpukat, coklat serta hasil perikanan keramba jaring apung yang menjadi produk unggulan Kecamatan Lumbok Seminung sehingga kerusakan yang ada menghambat laju perputaran perekonomian,” imbuh dia. 

Diketahui, pada tahun 2023 ini, Pemerintah Kabupaten Lampung Barat akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp 20 miliyar lebih untuk pembangunan ruas jalan Pagardewa-Lumbok Seminung. 

Pembangunan ruas jalan itu diharapkan dapat membangkitkan sektor pariwisata dan mendorong peningkatan perekonomian masyarakat di Kecamatan Lumbok Seminung. 

Hal demikian disampaikan Penjabat (Pj) Bupati  Lambar Nukman saat membuka kegiatan musrenbang tingkat Kecamatan dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2024 yang di gelar di Pekon Tawan, Kecamatan Lumbok Seminung, Selasa (14/2/2023) lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: