Ranting NU Pekon Sidomulyo Buka Posko dan Dapur Umum Untuk Para Pengungsi

Ranting NU Pekon Sidomulyo Buka Posko dan Dapur Umum Untuk Para Pengungsi

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Bencana banjir bandang dan longsor yang terjadi di sejumlah pemangku di Kecamatan Pagar Dewa, Kabupaten Lampung Barat pada Kamis (9/3/2023) khususnya di Pemangku Tanjung Kurung mengakibatkan sekitar 200-an kepala keluarga harus diungsikan. 

Merespon dampak bencana tersebut segenap Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (NU) Pekon Sidomulyo, Kecamatan Pagar Dewa mendirikan dapur umum dan distribusi bantuan logistik untuk warga terdampak banjir dan longsor.

Menurut Ketua Ranting NU Sidomulyo Nurul Hidayatulloh, pendirian Posko dan Dapur Umum merupakan bentuk tanggung jawab NU untuk membantu meringankan beban masyarakat. 

BACA JUGA:Jelang Musim Panen, Harga Kopi Pesbar Sentuh Rp25 ribu

"Posko dan Dapur Umum Ranting NU ini berdiri sejak H plus dua sejak bencana terjadi, ini didirikan sampai seterusnya akan terus membantu masyarakat yang sedang mengalami musibah bencana," ujar Nurul Hidayatulloh, Senin (13/3/2023)

Dijelaskannya, posko itu menerima dan mendistribusikan bantuan logistik untuk para pengungsi dari masyarakat umum yang peduli dengan bencana tersebut. 

"Semua yang kami terima itu dari masyarakat umum dan komunitas komunitas, ada sembako, pakaian bekas layak pakai dan obat-obatan, kemudian para relawan-relawan kami yang merupakan para pengurus NU Ranting serta Banom Banom juga masyarakat setempat telah mendistribusikan bantuan itu, tentunya setelah kami berkoordinasi dengan Aparat Pekon dan pihak dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten," tegas Nurul Hidayatulloh.

BACA JUGA:Disdukcapil Pesbar Maksimalkan Pelayanan Adminduk Jemput Bola

Lanjut dia, sampai dengan hari ke-4 bencana terjadi pihaknya telah mendistribusikan donasi pakaian bekas layak pakai sebanyak 45 karung. 

"Isinya campur itu ada pakaian untuk orang dewasa, anak anak juga ada banyak juga selimut. Untuk beras ada sekitar 1 setengah ton yang telah dikirim ke lokasi pengungsian," bebernya.

Nurul juga menjelaskan bahwa saat ini ada dua posko yaitu Posko Pekon dan Posko Ranting NU. 

BACA JUGA:2017-2021 Piutang PBB di Pesbar Capai Rp3,5 Miliar

"Kita sama sama, berkoordinasi dan pada saat mendistribusikan kita bergerak bersama. Tidak  masalah, karena kami di Posko Ranting NU ini mengikuti prosedur yang telah ditetapkan oleh pihak Aparat Pekon. Alhamdulillah hampir semua ranting di Pagar Dewa telah berkontribusi juga dari MWC Pagar Dewa sudah masuk kontribusinya," jelas Nurul.

Pihaknya berharap bantuan tersebut bisa meringankan beban korban banjir bandang dan longsor. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: