Pastikan Coklit Sesuai Prosedur, Bawaslu Lambar Gunakan Strategi Uji Petik

Pastikan Coklit Sesuai Prosedur, Bawaslu Lambar Gunakan Strategi Uji Petik

Komisioner Bawaslu Lambar Divisi Humas Iin Gusanto--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dalam rangka memastikan  pelaksanaan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Data Pemilih untuk Pemilu 2024 yang sedang dilakukan oleh jajaran Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih), di Kabupaten Lampung Barat, berjalan dengan sebagaimana mestinya, maka jajaran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) secara maksimal mengawal dan mengawasi, salah satu strategi yang digunakan adalah melalui uji petik.

Komisioner Bawaslu Lambar Divisi Humas Iin Gusanto, S.Sy, MH., mengungkapkan, selain dilakukan oleh uji petik pihaknya juga secara rutin melakukan patroli pengawasan dengan sasaran anak-anak sekolah yang sudah memiliki hak pilih.

BACA JUGA:Serahkan Laporan Keuangan Unaudited Tahun 2022, Arinal : BPK Tetap Konsisten Tegak Lurus

Dijelaskan, dalam pengawasan melalui uji petik pihaknya melibatkan seluruh jajaran baik Panwaslu Kecamatan (Panwascam) dan Panwaslu Pekon dan Desa (PKD). 

Dalam pelaksanaanya petugas melakukan pengecekan minimal di sepuluh daftar pemilih.

BACA JUGA:Sekdaprov : Pertumbuhan Ekonomi Lampung 2022 Tumbuh Positif 4,28 Persen

"Jadi dalam kegiatannya kawan-kawan di bawah mendatangi masyarakat dan menanyakan terkait dengan pelaksanaan Coklit yang dilaksanakan oleh Pantarlih," ungkap Iin Gusanto.

Dalam pelaksanaan uji petik tersebut, kata Iin, jajarannya berhasil mendapatkan sejumlah temuan, yang ditindaklanjuti oleh melalui Panwascam.

BACA JUGA:Menuju Akreditasi B, BPTD Wilayah VI Monev Gedung Uji KIR Milik Dishub Lambar

"Tetapi temuan di lapangan sebatas ditindaklanjuti melalui saran ke PPK oleh Panwascam, salah satu temuannya yakni  ada dari dalam satu KK tidak masuk dalam data pemilih dan itu langsung ditindaklanjuti oleh PPK," ujarnya.

Kemudian, masalah teknis lainnya, seperti Pantarlih yang lupa pakai rompi dan juga ada banyak saran perbaikan.

BACA JUGA:Diguyur Hujan Lebat, Pekon Sidomulyo Diterjang Banjir Bandang

"Pada intinya jajaran kami melakukan pengawasan guna memastikan bahwa tahapan Coklit ini sudah sesuai dengan prosedur," kata Iin Gusanto seraya menambahkan, untuk kegiatan Patroli Pengawasan dengan sasaran pelajar salah satunya dilakukan di MAN 1 Lambar.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: