Guncangan Gempa Tanggamus Terasa Hingga Liwa

Guncangan Gempa Tanggamus Terasa Hingga Liwa

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG - Gempa bumi yang berlokasi di 140 kilometer barat daya Tanggamus, Lampung, pada Selasa (7/3/2023) terasa hingga Kota Liwa, Kecamatan Balik Bukit, Lampung Barat.

Berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa bumi terjadi dengan lokasi 6.47 Lintang Selatan (LS), 103.90 Bujur Timur (BT), barat daya Tanggamus, berkekuatan 5.3 magnitude, kedalaman 10 kilometer tepat pada pukul 14.31.57.

BACA JUGA:Bangun Karakter Taat Hukum, Kejari Lambar Beri Penyuluhan ke Sekolah

BACA JUGA:Dikukuhkan, KPSD Lambar Berkomitmen Selamatkan Danau dan Sungai

Trauma akan terjadinya gempa bumi Liwa yang terjadi pada 15 Februari 1994 silam yang mengakibatkan kerusakan parah dan banyak korban, terlebih Lampung Barat masuk dalam Sesar Semangko, Samudera Hindia membuat masyarakat setempat? was-was saat adanya guncangan gempa.

Demikian juga pada saat terjadinya gempa Tanggamus, tidak sedikit masyarakat di Kota Liwa dan sekitarnya keluar rumah, karena khawatir gempa akan membesar.

BACA JUGA:BPBD Lampung Sosialisasikan Daerah Rawan Bencana di Kampung Kali Awi Wsy Kanan

BACA JUGA:Arinal : Jadikan Musrenbang Ruang Diskusi Konstruktif, Menjawab Tantangan Pembangunan Perempuan dan Anak

"Kita rumahnya tembok, kalau ada gempa mending keluar rumah dan mencari tempat aman, karena kami sudah trauma dengan gempa Liwa tahun 1994 silam," ujar Wati salah seorang warga.

Sementara itu, gempa bumi terjadi dalam beberapa detik tersebut tidak menyebabkan kerusakan, meski guncangan gempa cukup dirasakan oleh masyarakat.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: