Terkait Kefarmasian, Dinkes Lampung Supervisi ke Dinkes Lambar

Terkait Kefarmasian, Dinkes Lampung Supervisi ke Dinkes Lambar

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Tim dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung,  yang terdiri dari Rita Valentina, SKM, M.Kes., Ferny Hendriyani, SKM., M.M., dan Nur Maya Sari, SKM., melakukan supervisi (kegiatan pembinaan) ke Dinkes Lampung Barat.

Tin supervisi Dinkes Lampung tersebut disambut oleh Sekretaris Dinkes Lambar Cahyani Susilawati, SKM, M.Kes., didampingi Kabid Sumberdaya Kesehatan (SDK) Wasis Supriyadi, ST, M.Ak., mewakili Kepala Dinkes dr. Widyatmoko Kurniawan, Sp.B.

BACA JUGA:Bahas Persiapan HUT Lampung, Rangkaian Acara Mulai 9 Maret

Wasis Supriyadi mengungkapkan, supervisi ini terkait dengan  Pengadaan Obat dan Vaksin, dilanjutkan dengan Monitoring dan Konsolidasi Kebijakan Pelayanan Perizinan Sarana Produksi Distribusi Farmasi serta Monitoring dan Penguatan Kapasitas SDM dalam Kebijakan Pelayanan perizinan Sarana Distribusi Produksi Kefarmasian.

"Supervisi ini merupakan kegiatan tahunan dari Dinkes Lampung, untuk mendapatkan gambaran pelayanan kesehatan khususnya terkait beberapa hal tentang kefarmasian, mulai dari proses pengadaan, hingga proses pendistribusian dan kapasitas SDM," ungkapnya.

BACA JUGA:BPBJ Lampung Catat per 24 Februari, Nilai Transaksi Katalog Lokal Rp38 Miliar

Berdasarkan hasil supervisi oleh tim dari Dinkes Lampung tersebut, kata Wasis, pihaknya mendapatkan sejumlah rekomendasi, memberdayakan Puskesmas sebagai perpanjangan tangan Dinas Kesehatan untuk mendata pelaku Usaha Jamu Gendong (UJG), Usaha Jamu Racikan (UJR), Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT), Usaha Mikro Obat Tradisional (UMOT), Usaha Kecil Obat Tradisional (UKOT), juga Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP) yang terdapat di wilayah kerjanya. 

"Kemudian mendorong pelaku UJG, UJR, PKRT, UMOT, UKOT, juga IRTP yang belum berizin untuk mengurus perizinannya, serta melaksanakan Monitoring dan Evaluasi perizinan sarana distribusi produksi kefarmasian secara rutin dan berkesinambungan," ujarnya.

BACA JUGA:Longsor di Banding Agung, Jalan dan Irigasi Tertimbun

Terkait sejumlah rekomendasi tersebut, kata dia, pihaknya akan menindaklanjuti, dan akan segera melakukan koordinasi dengan Puskesmas jajaran. 

"Terkait rekomendasi yang kami dapat tentu akan ditindaklanjuti bersama seluruh puskesmas ," pungkasnya.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: