Bangkitkan Semangat Literasi, Tim GLD Lambar Kunjungi SDN 2 Kotabesi

Bangkitkan Semangat Literasi, Tim GLD Lambar Kunjungi SDN 2 Kotabesi

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Tim Gerakan Literasi Daerah (GLD) Kabupaten Lampung Barat yang dipimpin Wakil Ketua 2 Drs. Junaidi Jamsari, M.M, mengunjungi SD Negeri 2 Kotabesi, Kecamatan Batu Brak dalam rangka menjalankan program kerjanya untuk terus memacu semangat Literasi di sekolah, Jumat (24/2/2023).

Selain melakukan sosialisasi dan edukasi tentang gemar membaca ke para peserta didik, kegiatan juga dirangkai dengan senam bersama serta diisi dengan berbagai materi yang dikemas melalui permainan, game game, dan cerita dongeng.

BACA JUGA:Peringati HPSN, Pekon - Kecamatan Serentak Gelar Aksi Gotong Royong

Wakil Ketua 2 Drs. Junaidi Jamsari, M.M mewakili Ketua GLD Lambar Partinia Parosil Mabsus mengatakan, tim GLD Lambar secara konsisten terus menjalankan program kerjanya dalam rangka menumbuhkan minat baca bagi peserta didik.

“Melalui upaya ini diharapkan kedepan anak-anak gemar membaca, karena membaca itu jendela dunia, dengan banyak membaca maka pengetahuan anak akan meningkat, cerdas serta memiliki pengetahuan yang luas, sehingga nantinya mereka akan menjadi generasi yang unggul tangguh dan mampu bersaing,”ungkap Junaidi.

BACA JUGA:Peringatan HPSN, Camat dan Ketua DPK Apdesi Air Hitam Komandoi Aksi Bersih Lingkungan

Lebih lanjut ia menerangkan bahwa Komitmen Lampung Barat sebagai kabupaten literasi telah dicanangkan sejak Mei 2018 lalu. 

Hal ini juga didukung dengan terbitnya Peraturan Bupati Lampung Barat Nomor 19 tahun 2018 tentang gerakan literasi Daerah.

BACA JUGA:Terkait Pengendalian Inflasi, TPID Pemkab Mesuji Kunker ke Lambar

“Dalam penjabarannya Literasi adalah kemampuan untuk memaknai informasi secara kritis, sehingga dapat mengakses ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas  hidup manusia, serta dapat berkreasi menuangkannya dalam bentuk tulisan sehingga dapat menambah bahan bacaan dan bermanfaat bagi orang lain,” paparnya.

Gerakan Literasi Daerah ini ditujukan untuk menumbuh kembangkan budaya literasi pada ekosistem pendidikan mulai dari keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam rangka pembelajaran sepanjang hayat sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. 

BACA JUGA:Meski Anggaran Belum Cair, DLH Lambar Turunkan Petugas Pengangkut Sampah

Dan dalam pelaksanaannya GLD ini dilakukan berkesinambungan, terintegrasi, dan melibatkan semua pemangku termasuk pemerintah pekon.

Sementara itu, kepala SD Negeri 2 Kotabesi Patir Parhan, S.Pd menyampaikan ucapan terima kasih atas kerjasama dan sinergitas sekolah dengan Tim GLD, dalam rangka mewujudkan Lampung Barat sebagai Kabupaten Literasi, sebagaimana yang dicanangkan selama ini.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: