Meski Anggaran Belum Cair, DLH Lambar Turunkan Petugas Pengangkut Sampah

Meski Anggaran Belum Cair, DLH Lambar Turunkan Petugas Pengangkut Sampah

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lampung Barat, mulai menurunkan armada dan petugas kebersihan untuk mengangkut sampah-sampah dari rumah pelanggan.

Setelah empat hari sampah menumpuk  dan tidak ada pengangkutan karena diduga adanya aksi mogok kerja petugas kebersihan lantaran dua bulan tidak digaji dan anggaran Bahan Bakar Minyak (BBM) belum tersedia.

BACA JUGA:Soal Konflik Gajah, Belum Ada Solusi dan Anggaran Jadi Kendala

Kabid Kebersihan pada DLH Lampung Barat Ardiansyah Fikri mengungkapkan, meski anggaran belum tersedia namun pihaknya telah berupaya mencari solusi agar tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) petugas kebersihan petugas kebersihan, salah satunya mengangkut sampah dari rumah pelanggan bisa tetap dilakukan.

"Saya diperintah oleh pak kadis untuk mencari solusi bagaimana pelayanan tidak terhambat, karena itu sejak kemarin pengangkutan sampah dari rumah pelanggan mulai dilakukan, kemarin kami menurunkan dua unit dump truk, yang diawali di sepanjang jalan protokol, pelayanan ini akan terus kami lakukan meskipun sebenarnya anggaran untuk itu belum tersedia,"  ungkapnya.

BACA JUGA:Kakam Nuar Maju Inisiatif Fokuskan Dana Desa Bangun Jembatan Dusun Sukakarya

Dikatakannya, pengangkutan sampah ini jga dilakukan dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh pada 21 Februari.

"Karena tentu sangat tidak pantas ketika indonesia sedang memperingati hari besar itu kondisi sampah kita justru menumpuk, sehingga dengan kondisi yang ada saat ini kita terus berupaya menjalankan tupoksi kami dan kita bersama-bersama menjaga kebersihan lingkungan," ujarnya.

BACA JUGA:Jumat Curhat, Kapolsek Jatiagung Ajak Warga Aktif Ronda Malam

Untuk diketahui, gaji petugas kebersihan dia Lampung Barat dua bulan terakhir belum dibayar. Akibatnya, protes dilakukan oleh para pasukan orange tersebut. 

Terlebih lagi biaya operasional khususnya pembelian BBM juga tidak ada.

BACA JUGA:Tiga Provider Belum Bayar Retribusi Menara Seluler

Untuk diketahui, gaji petugas kebersihan sebesar Rp900 ribu/bulan, dengan jumlah petugas kebersihan sebanyak 129 orang, atau dalam satu tahun anggaran yang disiapkan untuk membayar gaji petugas kebersihan sekitar Rp1,4 Miliar.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: