Peringati HPSN, Pekon - Kecamatan Serentak Gelar Aksi Gotong Royong

Peringati HPSN, Pekon - Kecamatan Serentak Gelar Aksi Gotong Royong

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2022, masyarakat bersama jajaran aparatur pemerintah di setiap pekon dan kecamatan secara serentak mengadakan gotong royong membersihkan lingkungan, Jumat (24/2/2023).

Seperti di Kecamatan Belalau dan Batu Ketulis, aksi bersih-bersih lingkungan dari sampah itu dilaksanakan secara serentak di seluruh pekon dengan sasaran kegiatan membersihkan lingkungan pemukiman, perkantoran hingga sekolah.

Camat Belalau Mat Suhyar, mengatakan sesuai tema HPSN tahun 2023 yaitu tuntas kelola sampah, untuk kesejahteraan masyarakat, pihaknya melakukan aksi bersih-bersih lingkungan dan pengendalian sampah yang dilaksanakan secara serentak di 10 pekon.

BACA JUGA:Peringatan HPSN, Camat dan Ketua DPK Apdesi Air Hitam Komandoi Aksi Bersih Lingkungan

“Selain itu, terkait tema HPSN tahun 2023 yakni ‘kelola sampah untuk kesejahteraan masyarakat’ dalam aksi bersih-bersih ini kita lakukan pemilahan mana saja sampah yang masih memiliki nilai manfaat,” jelasnya

Ia berharap agar aksi bersih-bersih yang dilakukan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk  menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat. 

“Makna dari HPSN ini terpenting adalah bagaimana agar kita bersama-sama dapat meningkatkan kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungan,” imbuhnya.

BACA JUGA:Terkait Pengendalian Inflasi, TPID Pemkab Mesuji Kunker ke Lambar

Di tempat terpisah, Camat Batu Ketulis Sri Handayani mengatakan, aksi gotong royong serentak juga dilaksanakan oleh seluruh pekon di kecamatan setempat. 

Gotong-royong difokuskan untuk membersihkan pekarangan rumah, lingkungan tempat tinggal, selokan dan fasilitas umum.

“Saya harap kepedulian terhadap sampah bukan hanya dilakukan pada HPSN tapi setiap harinya, karena kebersihan dengan peduli buang sampah pada tempatnya terutama di lingkungan rumah mencerminkan masyarakat itu memiliki rasa tanggung jawab peduli sampah,” ujarnya.

BACA JUGA:Meski Anggaran Belum Cair, DLH Lambar Turunkan Petugas Pengangkut Sampah

Selain itu, sasaran gotong-royong dengan membersihkan sampah plastik, mengangkat dari selokan atau parit, sehingga air mudah mengalir.

”Diharapkan, masyarakat memiliki kesadaran untuk peduli dengan sampah dan dapat menjaga kebersihan terutama di sekitar lingkungan rumah masing masing,” imbuhnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: