Progres Coklit Hari ke-12 di Pesbar Sudah Capai 43 Persen

Progres Coklit Hari ke-12 di Pesbar Sudah Capai 43 Persen

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih untuk Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) oleh petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) hingga hari ke-12 yang telah berlangsung sejak Minggu (12/2) lalu hingga Kamis (23/2), sudah mencapai 43 persen atau 64.755 jiwa dari jumlah daftar pemilih sebanyak 118.253 jiwa.

Koordinator Divisi Perencanaan, Data dan Informasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesbar, Marten Efendi, mengatakan, pelaksanaan Coklit data pemilih itu hingga kini masih terus berlangsung hingga 14 Maret 2023 mendatang. 

Untuk itu, selama proses Coklit yang dilakukan oleh Pantarlih di setiap wilayah Tempat Pemungutan Suara (TPS) masing-masing Pekon di-Kabupaten Pesbar diharapkan menjadi perhatian masyarakat.

BACA JUGA:Bantu Penuhi Stok PMI Lampung, TNI-Polri dan Masyarakat Gelar Donor Darah

“Memang ada beberapa kendala dalam pelaksanaan Coklit oleh petugas Pantarlih, salah satunya saat mengunjungi rumah warga yang hendak di coklit, warga itu sedang tidak berada dirumah,” katanya.

Dikatakannya, jika memang petugas Pantarlih tidak bertemu dengan warga di rumahnya masing-masing itu, maka petugas Pantarlih tetap akan kembali lagi untuk melakukan pencoklitan langsung ke rumah warga tersebut. 

Untuk itu, pihaknya berharap dukungan dari masyarakat maupun semua Peratin dan juga aparatur Pekon agar saat ada petugas Pantarlih yang datang ke rumah warga untuk melakukan coklit itu bisa bertemu dengan warga.

BACA JUGA:Sejumlah Ruas Jalan di Pagar Dewa akan Ditangani

“Karena memang, banyak petugas Pantarlih dilapangan yang belum bertemu di warga. Sehingga kondisi tersebut menjadi kendala bagi petugas Pantarlih di lapangan,” jelasnya.

Dijelaskannya, mudah-mudahan progres pencoklitan data pemilih di semua Kecamatan dan juga Pekon yang ada di Pesbar ini bisa terus meningkat, dan selesai sesuai dengan harapan bersama. 

Selain itu juga dapat menghasilkan data pencoklitan yang valid dan akurat. 

BACA JUGA:Ketua DPK APDESI Air Hitam Tutup Porseni Ke-XIII

Karena untuk data hasil coklit itu secara bertahap juga akan menjadi data pemilih dalam Pemilu 2024 mendatang.

KPU Pesbar tentunya tetap akan terus memantau dalam proses pelaksanaan tahapan Coklit yang dilakukan oleh petugas Pantarlih tersebut. Mudah-mudahan tidak terkendala kembali sampai dengan selesai,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: