BAZNAS Lambar Serah Terima Bantuan RTLH

BAZNAS Lambar Serah Terima Bantuan RTLH

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Lampung Barat, mulai melakukan serah terima hasil bedah rumah dalam program bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) tahun tahun anggaran 2022 kepada para mustahik.

Salah satunya di Pekon Tuguratu Kecamatan Suoh, yang diserahkan langsung oleh Wakil Ketua IV BAZNAS Lampung Barat Sufaat, disaksikan oleh Kasi Kesra Kecamatan Suoh Hery Setiawan Abdullah dan Peratin Tugu Ratu Herlin, Selasa (21/2/2023).

BACA JUGA:Way Kanan Dapat Jatah 30 Ton Pupuk Bersubsidi, Penyaluran Disesuaikan RDKK Kelompok Tani

Pada tahun anggaran 2022 lalu, BAZNAS Lampung Barat memprogramkan bedah rumah di 15 kecamatan dengan jumlah Mustahik sebanyak 15 kepala keluarga (KK) atau masing-masing kecamatan sebanyak satu Mustahik.

Ketua BAZNAS Lampung Barat Abdul Rosid, S.Ag., mengungkapkan, pada tahun 2022 lalu program bedah rumah digulirkan yang bersumber dana penerimaan dari BAZNAS Lampung Barat untuk 13 Mustahik dan bantuan dari BAZNAS pusat untuk tiga Mustahik.

BACA JUGA:Kenapa Advokat Terkesan Banyak dari Suku Batak (Bagian 3, terakhir)

"Karena proses dari bedah rumah itu sudah selesai, maka dilakukan serah terima dari BAZNAS kepada Mustahik, sehingga bisa segera ditempati, yang tentunya pasca mendapatkan program tersebut kondisi rumah Mustahik sudah lebih nyaman dan lebih layak dari sebelumnya," ungkap Abdul Rosid.

Bantuan bedah rumah tersebut, kata dia, diawali dengan proposal melalui pekon dan dilakukan survey, setelah memenuhi syarat dan dinyatakan layak maka bantuan dikucurkan. 

BACA JUGA:Perda KTR di Lampung Barat Tak Lagi Dipatuhi

"Bantuan yang diberikan kepada para mustahik sifatnya hanya stimulan (pancingan), sehingga perlu partisipasi masyarakat khususnya penerima agar hasil bedah rumah bisa lebih dari nilai bantuan yang diberikan oleh BAZNAS," kata dia.

Untuk besaran bantuan yang diberikan kepada mustahik, lanjut dia, untuk sumber bantuan BAZNAS Lampung Barat itu sebesar Rp15.000.000,- sementara untuk bantuan yang berasal dari bantuan BAZNAS pusat sebesar Rp20.000.000.

BACA JUGA:Kasi Trantib Kecamatan Belalau Dilantik Menjadi Pj Peratin Pekon Kenali

"Program ini juga menjadi bagian dari program Lampung Barat Sejahtera, semoga kedepan dana penerimaan bertambah sehingga jumlah penerima program tersebut juga bisa bertambah dari tahun sebelumnya," pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: