Tahun Ini, Pemkab Lambar Siapkan Beasiswa Kedokteran Gigi

Tahun Ini, Pemkab Lambar Siapkan Beasiswa Kedokteran Gigi

Ilustrasi Dokter Gigi-freepik.com-

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemkab Lambar tahun ini kembali menganggarkan dana untuk beasiswa kedokteran.

Jika tahun-tahun sebelumnya pemerintah daerah menyediakan kuota untuk beasiswa dokter umum namun untuk tahun ini khusus beasiswa kedokteran gigi.

“Tahun ini ada beasiswa kedokteran gigi untuk kuota dua orang yang diterima di perguruan tinggi negeri. Beasiswa ini khusus untuk siswa siswi yang lulus dari Kabupaten Lampung Barat,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Agustanto Basmar, S.P, M.Si di Ruang Kerjanya, Senin (20/2/2023)

BACA JUGA:5 Atlet Way Kanan Sabet Medali pada Kejuaraan Judo Junior di Lamtim

Menurut Agustanto, pertimbangan pemkab memberikan beasiswa kedokteran gigi antara lain karena sampai saat ini Kabupaten Lambar masih kekurangan dokter umum, sementara untuk dokter umum telah dialokasikan oleh pemerintah pusat. 

“Pertimbangan lainnya pemerintah daerah memberikan beasiswa kedokteran karena selama ini masyarakat ada yang beranggapan bahwa warga kurang mampu tidak akan sanggup membiayai anaknya untuk kuliah kedokteran karena biayanya mahal, jadi kita menghilangkan image tersebut,” kata dia.

BACA JUGA:Kasus Penyakit Kanker Meningkat di Lamteng

Ia berharap dengan adanya beasiswa kedokteran yang disediakan oleh pemerintah daerah, dapat memotivasi siswa-siswi untuk lebih giat lagi belajar sehingga nantinya diterima di Perguruan Tinggi Negeri Fakultas Kedokteran. 

“Mudah-mudahan beasiswa kedokteran ini dapat bermanfaat bagi masyarakat,” pungkas dia.

BACA JUGA:Selama Ops Keselamatan, Polres Pringsewu Tindak 1700 Pelanggaran

Sekadar diketahui, Pemkab Lambar melalui Dinas Kesehatan tahun 2022 lalu menyiapkan kuota lima orang untuk penerima beasiswa fakultas kedokteran, namun yang terisi hanya dua orang. 

Kedua siswa tersebut berasal dari SMAN 1 Liwa diterima di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung dan SMAN 1 Waytenong diterima di Fakultas Kedokteran Universitas Pembangunan Nasional (UPN) di Jakarta.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: