Pasca Unjuk Rasa, Warga Portal Jalan Menuju Tambak Udang Way Jambu

Pasca Unjuk Rasa, Warga Portal Jalan Menuju Tambak Udang Way Jambu

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pasca aksi unjuk rasa masyarakat di Pekon Way Jambu Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) yang menuntut agar lokasi tambak udang Johan Farm di Pekon setempat agar ditutup, kini warga setempat memasang portal pada akses jalan menuju lokasi tambak udang itu, Kamis (16/2).

Peratin Way Jambu, Evan Rosiawan, mengatakan, hari ini masyarakat setempat sudah mulai melakukan pemortalan sementara akses jalan kabupaten penghubung Way Jambu-Bangun Negara yang merupakan salah satu akses ke lokasi tambak udang di Pekon setempat. 

Pemortalan sementara itu dengan menggunakan kayu, tapi rencananya akan dipasang portal permanen dengan menggunakan besi.

BACA JUGA:Tangani Tiga Kasus Kekerasan Seksual Anak, Satu Korban Alami Trauma Berat

“Dalam pemortalan jalan itu tidak mengganggu aktivitas masyarakat setempat, artinya masyarakat yang menggunakan kendaraan kecil seperti mobil angkutan jenis L300 untuk mengangkut buah kelapa itu masih bisa melintas,” katanya.

Sedangkan, kata dia, untuk kendaraan besar seperti truk muatan barang yang digunakan oleh pihak perusahaan tambak udang itu tidak bisa melalui jalan tersebut. 

Karena memang kendaraan angkutan di lokasi tambak udang itu dengan kapasitas muatan cukup berat, sementara kapasitas jalan tidak memadai, sehingga ini akan cepat berdampak kerusakan jalan yang setiap harinya merupakan akses utama masyarakat.

BACA JUGA:Sejumlah Pantai di Pulau Pisang Alami Abrasi

“Yang jelas, untuk kendaraan besar tersebut tidak bisa melintas ke lokasi tambak udang tersebut. Sementara ini memang baru satu titik portal yang dipasang,” jelasnya.

Masih kata dia, kemungkinan hanya satu titik yang dipasang portal. 

Karena memang, pemasangan portal jalan itu juga sebagai salah satu bentuk protes dan keluhan masyarakat terhadap perusahaan tambak udang di wilayah ini, dengan harapan masyarakat agar lokasi tambak udang itu segera ditutup dan menghentikan semua aktifitas di lokasi tambak udang tersebut.

BACA JUGA:Asminudin Minta Bimtek Posyandu Prima dan Stunting Terus Berlanjut

“Saat ini untuk situasi di masyarakat masih kondusif, terutama dalam pemasangan portal jalan tersebut juga tetap berlangsung kondusif. Kita tentu berharap kondusifitas tetap terjaga, pasca aksi unjuk rasa yang dilakukan masyarakat setempat,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, ratusan masyarakat Pekon Way Jambu Kecamatan Pesisir Selatan, menggelar aksi damai di tambak udang milik Johan Farm, di Pekon setempat, Rabu (15/2). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: