Pengawas Madrasah Lakukan Monitoring di MTsN 1 Lambar

Pengawas Madrasah Lakukan Monitoring di MTsN 1 Lambar

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, Pengawas Madrasah Siti Romadiyah, M.Pd.I. melakukan Monitoring Evaluasi (Monev) terkait proses kegiatan belajar mengajar semester genap tahun pelajaran 2022-2023 di MTs Negeri 1 Lambar, Kamis (16/2/2023).

Kunjungan Pengawas Madrasah ini diterima langsung oleh Kepala Madrasah Arief Budiman, M.Pd. didampingi Waka Bidang Kurikulum Desembri, M.Pd.

Dalam monev tersebut, Siti Romadiyah menuturkan tujuan dari monev yang dilakukannya adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah.

BACA JUGA:MTsN 1 Lambar Gelar Kemah Akbar Pangkalan Satya Ikhlas Bakti

“Pengawas adalah sebuah jabatan fungsional yang berkedudukan sebagai pelaksana teknis untuk melakukan pengawasan pendidikan terhadap sejumlah lembaga pendidikan, dalam upaya meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar atau bimbingan untuk mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan,” tuturnya.

Disamping itu, ia juga menjelaskan bahwa tugas pokok dan fungsi seorang pengawas diantaranya ialah menyusun program pengawasan, melaksanakan pembinaan guru, memantau pelaksanaan standar isi, proses, standar kompetensi lulusan dan standar penilaian, melalui penilaian kinerja guru, serta melakukan evaluasi hasil pelaksanaan program pengawasan pada sekolah binaan.

Selanjutnya di kesempatan itu, Siti Romadiyah didampingi Desembri melakukan pemantauan langsung di kelas untuk melihat administrasi persiapan dan proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru. 

BACA JUGA:Kebersihan Lapangan Tanjung Menang Jadi Tanggungjawab Bersama

Dalam kesempatan itu, ia mengatakan kesiapan administrasi berpengaruh dalam pencapaian output pembelajaran. 

“Keberhasilan seorang guru dalam kegiatan proses belajar mengajar dapat dilihat dari kesiapannya, dimulai dari persiapan administrasi pengajaran sampai kesiapan diri dalam menyampaikan materi pembelajaran, pengelolaan kelas hingga pada tahapan evaluasi pembelajaran,” terangnya.

Sementara, kepala MTs N 1 Lambar Arief Budiman menyampaikan bahwa di tahun ajaran 2022-2023, MTs Negeri 1 Lampung Barat telah menyelenggarakan Kurikulum Merdeka di kelas 7.

BACA JUGA:BPJS Kesehatan Sosialisasikan Program JKN Peratin dan Perangkat Pekon

”Pada tahun ajaran 2022-2023 ini MTs Negeri 1 Lampung Barat telah menyelenggarakan Kurikulum Merdeka di kelas 7, dan dari hasil evaluasi di semester ganjil pelaksanaan Kurikulum Merdeka terlaksana dengan baik tanpa ada kendala yang berarti, hal ini juga didukung oleh para pendidik yang telah mengikuti diklat atau bimtek Kurikulum Merdeka,” ujarnya.

Di akhir kunjungan itu, pihaknya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pengawas madrasah atas monev yang dilakukan, hal tersebut sebagai bentuk perhatian dan dukungan terhadap madrasah yang dipimpinnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: