MTsN 1 Lambar Gelar Kemah Akbar Pangkalan Satya Ikhlas Bakti

MTsN 1 Lambar Gelar Kemah Akbar Pangkalan Satya Ikhlas Bakti

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pendidikan Kepramukaan merupakan salah satu sarana dalam mengembangkan pendidikan karakter peserta didik. Kegiatan Pramuka di MTs Negeri 1 Lampung Barat merupakan ekstrakurikuler wajib yang diikuti oleh seluruh peserta didik. 

Hal itu juga tertuang dalam peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.63/2014, tentang pendidikan Kepramukaan sebagai ekstrakurikuler wajib pada pendidikan dasar dan menengah. 

Kegiatan kepramukaan di madrasah sangat mendukung pendidikan karakter yang saat ini mengedepankan kurikulum merdeka dan asesmen nasional. 

BACA JUGA:Kebersihan Lapangan Tanjung Menang Jadi Tanggungjawab Bersama

Semua aktivitas kepramukaan berlandaskan dengan semangat gotong royong, tenggang rasa, toleransi dan kreativitas, sangat sejalan dengan profil belajar Pancasila.

Menindaklanjuti program kerja Pangkalan Satya Ikhlas Bakti Gugus Depan, MTs Negeri 1 Lambar menggelar Perkemahan Akbar yang diselenggarakan selama dua hari, terhitung sejak Kamis hingga Jum’at (16-17/2 2023) di halaman Madrasah setempat. 

Kegiatan itu diikuti sebanyak 384 peserta yang terdiri dari siswa siswi kelas VII dan VIII dan dibuka secara resmi oleh Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus) MTsN 1 Lampung Barat Arief Budiman, M.Pd.

BACA JUGA:BPJS Kesehatan Sosialisasikan Program JKN Peratin dan Perangkat Pekon

Dalam sambutan saat Apel Pembukaan di pelataran madrasah, Arief budiman menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta dan tujuan kegiatan perkemahan yang diadakan. 

“Kami mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas partisipasi aktif dari seluruh panitia dan peserta perkemahan, sehingga kegiatan kemah akbar dapat terselenggara,” ucapnya.

Menurutnya kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk melatih kemandirian. Dengan mengikuti kegiatan ini, dapat terlihat karakter atau kepribadian setiap anggota melalui aktivitas dan perilaku dalam setiap situasi yang dialami. 

BACA JUGA:Pj Bupati Pringsewu Ajak Dompet Dhuafa Atasi Kemiskinan Ekstrim dan Stunting

“Selain itu yang tidak kalah penting juga ialah untuk meningkatkan minat dan bakat siswa siswi penggalang pada gugus depan MTsN 1 Lampung Barat dalam membentuk generasi kreatif, inovatif dan kolaboratif,” imbuhnya.

Disisi lain ia juga menghimbau kepada seluruh peserta perkemahan untuk dapat mengambil nilai dari kegiatan kepramukaan agar lebih mandiri dan bersikap dewasa dari segi pola pikir dan mengambil keputusan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: