Jumat Ini Pekon Sidodadi Laksanakan Tiga Agenda Penting TA 2023

Jumat Ini Pekon Sidodadi Laksanakan Tiga Agenda Penting TA 2023

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Jumat (27/1) Pekon Sidodadi, Kecamatan Airhitam, Kabupaten Lampung Barat, menggelar beberapa kegiatan yakni musyawarah desa khusus (Musdesus) penetapan, keluarga penerima manfaat (KPM), bantuan langsung dana desa (BLT-DD) 2023. 

Kemudian musyawarah, pelaporan dana badan usaha milik desa (BUMDes) sekaligus penyaluran kembali kegiatan kepada masyarakat pemanfaat. Dan kegiatan ketiga rutinitas bulanan posyandu balita dan lansia.

Dalam agenda tersebut selain dihadiri oleh seluruh jajaran aparatur pekon juga dihadiri jajaran LHP, kadar PKK kader posyandu dan petugas berkompeten seperti Bhabinkamtibmas dan Babinsa. 

BACA JUGA:Jumat Curhat, Kapolsek Sumberjaya Ajak Warga Giatkan Ronda Malam

Disampaikan Peratin Prayitno, dari musdesus penetapan BLT-DD, sesuai dengan peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah Nomor 4 Tahun 2022 tentang percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem, yakni maksimal 25% dan minimal 10% dari pagu dana desa. 

Maka berhasil disepakati sesuai dengan kriteria yang berlaku penerima bantuan tersebut sebanyak 20 KPM atau 10,5 persen.

Dijelaskan Prayitno sapaan akrab Bang Malik tersebut, kembali disalurkan BLTDD 2023 ini untuk mendukung penghapusan kemiskinan ekstrem, yang merupakan amanat dari instruksi Presiden.

BACA JUGA:Prihatin Banyak Pelajar Terjerat Narkoba, Mahasiswa KKN UNILA Sosialisasikan Pencegahan

Dengan kriteria penerima keluarga miskin yang berdomisili di desa bersangkutan, dan diutamakan untuk keluarga miskin ekstrim, Keluarga yang terdapat anggota keluarga rentan sakit menahun/kronis, Keluarga dengan anggota rumah tangga tunggal lanjut usia (Lansia) atau keluarga yang terdapat anggota keluarga difabel.

Sementara terkait usaha bumdes yang selama ini dirasakan langsung oleh masyarakat berupa program simpan pinjam (SPP). 

"Pengurus bumdes lain menyampaikan laporan laba tahunan juga langsung kembali menyalurkan program kepada masyarakat yang membutuhkan. Sekaligus pada kesempatan ini dilakukan juga pelaporan unit usaha bumdes bidang Prasarana Air Bersih (Psab)," imbuhnya.

BACA JUGA:Dua Nelayan Kuala Stabas Diduga Hilang Saat Melaut

Dan kegiatan ketiga yakni rutinitas bulanan yang dilakukan oleh bidan desa bersama perawat Pekon serta kader Posyandu dan kader PKK berupa imunisasi balita dan imunisasi Lanjut Usia," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: