Pekon Tebaliokh Tetapkan 20 KPM BLT-DD Tahun Anggaran 2023

Pekon Tebaliokh Tetapkan 20 KPM BLT-DD Tahun Anggaran 2023

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Pekon Tebaliokh, Kecamatan Batubrak, Kabupaten Lampung Barat melaksanakan musyawarah desa khusus (Musdesus) dalam rangka penetapan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahun 2023, Jum’at (20/1/2023).

Musdesus yang digelar bersamaan dengan kegiatan monitoring dan evaluasi dana desa tahun 2022 oleh tim kecamatan itu digelar di balai pekon setempat yang dihadiri Sekcam Batubrak Mat Rizal, beserta jajaran kepala seksi, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa, Peratin Tebaliokh Iwan Susanto beserta jajaran aparatur pemerintahan pekon, LHP, serta para tokoh masyarakat.

BACA JUGA:Siswa SDN 1 Sukaraja Olah Sampah Jadi Beragam Pernak-Pernik

Peratin Tebaliokh Iwan Susanto mengatakan, mengawali tahun 2023 pihaknya melaksanakan Musdesus dalam rangka penetapan KPM BLT-DD sekaligus menyambut kedatangan dalam rangka monitoring dan evaluasi (Monev) APBP tahun 2022.

“Terkait BLT-DD, setelah dilakukan verifikasi dan validasi hingga proses  musyawarah hari ini,  maka telah diputuskan dan disepakati bersama bahwa penerima BLT-DD Tahun 2023 di Pekon Tebaliokh adalah sebanyak 20 KPM,” kata Iwan. 

BACA JUGA:Musdesus Pekon Karangagung Tetapkan 33 KPM BLT-DD Tahun 2023

Hal itu, sesuai dengan Instruksi Presiden nomor 4 tahun 2022 tentang  penerima manfaat BLT-DD, dimana penerima manfaat di prioritaskan dengan kriteria miskin ekstrim, masyarakat lanjut usia (Lansia) yang memiliki penyakit menahun serta ibu rumah tangga yang menjadi kepala rumah tangga.

“Sehingganya 20 KPM ini dipastikan telah benar-benar layak mendapat bantuan tunai tersebut dengan besaran Rp300 ribu/ bulan dan akan disalurkan selama 12 bulan atau sejak Januari hingga Desember 2023 mendatang,” imbuhnya.

BACA JUGA:Arinal Sambut Baik Penyelenggaraan Lampung Elephant Bike Week 10-12 Maret 2023

Terakhir ia menambahkan bahwa Musdesus BLT-DD 2023 ini dilaksanakan sebagai bentuk transparansi sekaligus sarana untuk mensosialisasikan bahwa terdapat pengurangan anggaran untuk BLT-DD sehingga dalam penetapan penerima manfaat dilakukan secara selektif dan betul-betul diprioritaskan sesuai kriteria yang ditetapkan.

Sementara dalam arahannya, Sekcam Batubrak Mat Rizal mewakili Camat Sutia, S.Pd, M.M, menambahkan bahwa wabah Covid-19 memberikan dampak terhadap seluruh aspek kehidupan terutama pada sektor perekonomian.

BACA JUGA:Terdampak Longsor, Warga Jagaraga Gotong Royong Perbaiki Kerusakan Saluran Air Bersih

Untuk itu pemerintah mengambil langkah yang cepat dan tepat untuk mengatasinya hal tersebut salah satunya dengan meneruskan program BLT- DD di tahun 2023 dengan angka maksimal 25 persen dari pagu dana desa.

“Sehingga dengan telah ditetapkannya KPM BLT-DD tahun 2023, kami berpesan kepada seluruh kelompok penerima manfaat agar dapat memanfaatkan bantuan ini sebaik-baiknya dengan memprioritaskan untuk kebutuhan sehari-hari dan kesehatan,” pesannya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: