Musdesus Pekon Karangagung Tetapkan 33 KPM BLT-DD Tahun 2023

Musdesus Pekon Karangagung Tetapkan 33 KPM BLT-DD Tahun 2023

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dalam upaya mendukung penghapusan kemiskinan ekstrem, yang merupakan amanat dari instruksi Presiden (Inpres) No.4/2022 tentang percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem.

Jumat (20/1), Pekon Karangagung Kecamatan Waytenong, Kabupaten Lampung Barat melaksanakan musyawarah desa khusus (Musdesus) penetapan penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) melalui Dana Desa (DD) Tahun Anggaran (TA) 2023, dengan 33 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

BACA JUGA:Arinal Sambut Baik Penyelenggaraan Lampung Elephant Bike Week 10-12 Maret 2023

Dalam musdesus yang dilaksanakan di GGS balai pekon tersebut dihadiri pihak kecamatan dan petugas pendamping desa, dan unsur berkompeten pekon setempat.

Dalam sambutannya Peratin Junaedi Sopantono, A.Ma., mengatakan penetapan KPM BLT-DD tersebut diterapkan berdasarkan kriteria penerima yang telah ditentukan oleh pemerintah. 

BACA JUGA:Terdampak Longsor, Warga Jagaraga Gotong Royong Perbaiki Kerusakan Saluran Air Bersih

Dijelaskannya disalurkan kembali BLT-DD sebagai bentuk tanggung jawab dan kepedulian pemerintah kepada warga, diantaranya terdampak dari pandemi covid 19. 

Dimana dalam ketentuannya penyaluran diberikan batas maksimal 25 persen dan batas minimal 10 persen.

Dan titik pemberian BLT-DD tersebut merupakan upaya untuk meningkatkan pendapatan keluarga miskin ekstrem dan kepada keluarga miskin ekstrem berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku BLT-DD dialokasikan maksimal 25% dari total pagu Dana Desa setiap desa.

BACA JUGA:Pengangkatan Adi Utama Sebagai Pj Sekda Lambar Sesuai Amanat Kemendagri

Dengan kriteria penerima keluarga miskin yang berdomisili di desa bersangkutan, dan diutamakan untuk keluarga miskin ekstrim. Keluarga yang terdapat anggota keluarga rentan sakit menahun/kronis. 

Keluarga dengan anggota rumah tangga tunggal lanjut usia (Lansia) atau keluarga yang terdapat anggota keluarga difabel.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: