Memasuki Pensiun, Puluhan PNS di Lambar Ikuti Sosialisasi

Memasuki Pensiun, Puluhan PNS di Lambar Ikuti Sosialisasi

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Lambar bekerjasama dengan Mandiri Taspen (Bank Mantap) menggelar sosialisasi layanan ketaspenan dan kantor bayar serta pembayaran tunjangan hari tua (THT) dan gaji pensiun di Mandiri Taspen (Bank Mantap) di Aula Kagungan, Kamis (19/1/2023) 

“Saya sangat mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan ini, bagi para Pegawai Negeri Sipil yang memasuki masa pensiun adalah masa yang tidak boleh ditakuti, apapun jabatan kita, kita tentunya akan sampai dimana kita harus rela melepas  sebagian dari regenerasi dan siklus kehidupan ASN/PNS,” ungkap Kepala BKPSDM Drs. Ahmad Hikami pada saat membuka acara sosialisasi layanan ketaspenan dan kantor bayar serta pembayaran THT dan gaji pensiun, Kamis (19/1/2023)

BACA JUGA:120 Anak Yatim Piatu di Pesbar Dapat Bantuan ATENSI

Pada bahwa pada tahun 2023 ini, kata Ahmad Hikami, Pegawai Negeri Sipil dilingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat yang memasuki batas usia pensiun sebanyak 99 orang, dengan rincian jabatan struktural 10 orang, jabatan fungsional guru 50 orang, serta jabatan fungsional lainya 39 orang

“Bagi pensiun-pegawai ataupun pensiun janda/duda berdasarkan undang-undang, diberikan  jaminan hari tua, sebagai penghargaan atas jasa-jasa pegawai negeri selama bertahun-tahun mengabdi. Berdasarkan peraturan yang berlaku, besarnya pensiun-pegawai negeri sipil dalam  sebulan ditetapkan sebesar 75% (tujuh puluh lima persen) dari gaji pokok, dengan maksud agar apabila dipensiunkan tidak mengalami kemunduran penghasilan yang terlampau besar,” bebernya.

BACA JUGA:RAT Ke-51, Letkol Tri Arto Berharap Koperasi Jadi Solusi

Masih kata dia, Taspen adalah perusahaan BUMN yang mengelola pensiun dan menyalurkan gaji para pensiunan aparatur sipil negara, untuk mempermudah dalam memperlancar proses penyaluran pensiunan. 

PT. Taspen bekerja sama dengan PT. Bank mandiri mendirikan, yang disebut Bank Mantap guna membantu penyaluran hak-hak pensiunan sekaligus memberikan kemudahan para pensiunan untuk usaha dalam peminjaman selama pensiun.

BACA JUGA:KPU Lampung Rakor Uji Publik Rancangan Penataan Dapil dan Alokasi Kursi Pemilu Anggota DPRD

Dalam hal ketaspenan PT. Taspen tidak hanya membayarkan Dana Pensiun yang diberikan setiap bulan, tetapi juga memberikan jaminan lainnya seperti asuransi briguna.

Yakni jaminan bagi peserta dan anggota keluarga yang meninggal, jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, karena tiap bulannya peserta Taspen telah membayarkan kewajibannya sebesar 10% dari gaji pokok dan tunjangan keluarga untuk mendapatkan nilai tambah tersebut. 

BACA JUGA:Arinal Ajak Jajaran RSUDAM Tingkatkan Semangat Juga Komitmen Jadi Rumah Sakit Unggul

Hak-hak tersebut dapat diperoleh jika peserta memenuhi syarat dan ketentuan sesuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan

“Batas usia pensiun sesungguhnya bukan batasan atau akhir dari masa tugas, akan tetapi merupakan puncak dari perjalanan pengabdian selaku Pegawai Negeri Sipil, dan bukan berarti juga kesempatan mengabdi kepada masyarakat dan bangsa terhenti. Namun dengan masa pensiun, kita akan lebih banyak memiliki waktu melaksanakan berbagai aktivitas sosial untuk kepentingan masyarakat luas. Disisi lain, jaminan kesejahteraan yang diberikan negara kepada para pensiunan PNS dalam bentuk asuransi sesungguhnya harus dimanfaatkan sebaik-baiknya,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: