Tingkatkan Wawasan Aparatur, Pemerintahan Pekon Waypetai Ikuti Penyuluhan Hukum

Tingkatkan Wawasan Aparatur, Pemerintahan Pekon Waypetai Ikuti Penyuluhan Hukum

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Aparatur Pekon Waypetai, Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Lampung Barat mengikuti penyuluhan hukum oleh Pos Bantuan Hukum (Pos Bakum) Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Lampung Barat di balai pekon setempat, Selasa (10/1).

Dalam penyuluhan oleh Pos Bakum LBH Lambar Zeflin Erizal, S.H, M.H., itu turut hadir petugas Pendamping Lokal Desa (PLD), Mahasiswa KKN Unila, Jajaran Lembaga Hippun Pekon (LHP) dan seluruh aparatur pekon setempat.

Dalam sambutannya Peratin Sutan Sahril mengatakan, dengan dilaksanakan penyuluhan hukum diharapkan pengetahuan akan kesadaran terhadap hukum, juga dapat menjadi bekal atau pedoman khususnya untuk seluruh aparatur pekon setempat dalam menjalankan tugas sebagai abdi dapat mengatasi permasalahan masyarakatnya di wilayahnya masing-masing.

"Diera sekarang ini aparatur pekon perlu memiliki peranan yang luas, salah satunya wawasan bidang ilmu hukum. Hal itu menjadi salah satu modal aparatur dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) agar masyarakat semakin mengerti tentang aturan dan hukum yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat," tegasnya.

BACA JUGA:Polresta Bandar Lampung Sosialisasi DIPA dan Penandatanganan Pakta Integritas 2023

Sementara disampaikan Zeflin dalam rangka menata kehidupan masyarakat, pemerintah menerapkan berbagai aturan dan undang-undang. Dengan sosialisasi hukum masyarakat dapat mengetahui terkait hal tersebut. 

Seperti contoh undang-undang baru terhadap ketentuan nikah, dengan ketentuan sekarang ini minimal usia pernikahan 19 tahun, begitu juga terkait Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dan banyak lainnya yang bukan saja harus dipahami tetapi ditaati. 

"Harapan kita kepada pemerintah pekon untuk mengetuk telurkan kepada masyarakat terkait aturan-aturan yang berlaku, Sebagai bentuk dukungan bersama baik pemerintah pekon maupun LBH membantu pemerintah dalam mensosialisasikannya dalam kehidupan masyarakat," tandasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: