PPKM Resmi Dicabut, Pj Bupati Lambar Berharap Roda Perekonomian Semakin Membaik

PPKM Resmi Dicabut, Pj Bupati Lambar Berharap Roda Perekonomian Semakin Membaik

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Penjabat (Pj) Bupati Lambar Nukman didampingi Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Kabupaten Lambar Adi Utama dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah mengikuti arahan dan menindaklanjuti pencabutan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melalui Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Watipo yang dilaksanakan secara Zoom Meeting, di Ruang Rapat Pesagi, Senin (2/1/2023).

Dalam arahannya Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Watipo mengungkapkan,  bahwa sebelumnya, kepala negara telah mengumumkan pencabutan PPKM dan tidak adanya pembatasan kerumunan dan pergerakan masyarakat. 

Menurut dia, pencabutan ini didasarkan pada hasil kajian yang dilakukan selama lebih dari 10 bulan serta dengan memperhatikan situasi pandemi Covid-19 di tanah air yang terkendali. 

"Kita sudah mengkaji  lebih dari 10 bulan, dan melalui pertimbangan-pertimbangan yang berdasarkan angka-angka yang ada," kata John.

BACA JUGA:Nanang Ermanto Resmikan Bantuan Rumah BSPS di Kecamatan Jatiagung

Dengan adanya kajian dan pertimbangan itu, lanjut John, pemerintah memutuskan untuk mencabut PPKM yang tertuang dalam Instruksi Mendagri Nomor 50 dan 51 Tahun 2022. 

"Sebelum pencabutan, seluruh Kabupaten dan kota di Indonesia berstatus PPKM Level 1, di mana pembatasan kerumunan dan pergerakan orang di tingkat rendah," ucapnya.     

Lebih jauh John mengatakan, keberhasilan Indonesia dalam mengendalikan pandemi Covid-19 sekaligus menjaga perekonomian adalah karena kebijakan gas dan rem yang diterapkan oleh pemerintah. 

"Alhamdulillah, Indonesia termasuk negara yang berhasil mengendalikan pandemi Covid-19 dengan baik dan sekaligus bisa menjaga stabilitas ekonominya. Kebijakan gas dan rem yang menyeimbangkan penanganan kesehatan dan perekonomian menjadi kunci keberhasilan kita," tegasnya.

BACA JUGA:Diguyur Hujan Lebat, Sungai Katibung Meluap

Di lain pihak, Pj Bupati Lambar Nukman menyampaikan bahwa kita patut bersyukur PPKM sudah dicabut setelah kurang lebih dua tahun lamanya Indonesia melaksanakan PPKM, harapannya roda perekonomian akan semakin baik.

"Saya berpesan meskipun PPKM sudah  dicabut, silakan yang masih mau memakai masker dan menjaga protokol kesehatan karena kesehatan itu penting, jadi menyesuaikan saja," tegas Nukman.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: