Diguyur Hujan Lebat, Sungai Katibung Meluap

Diguyur Hujan Lebat, Sungai Katibung Meluap

--

WAY KANAN, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Hujan deras yang mengguyur Kampung Karang Agung Kecamatan Pakuan Ratu Kabupaten Way Kanan menyebabkan sungai Katibung meluap.

Luapan air sungai tersebut membuat jalan penghubung Dusun II Karang Bhakti ke dusun Karang Sridadi menjadi tergenang.

Diketahui banjir tersebut diduga akibat curah hujan tinggi yang terjadi pada Minggu (1/1/2023) malam.

Sungai Katibung yang tidak mampu menampung debit air akhirnya meluap dan membuat badan jalan tergenang hingga Senin pagi (2/1/2023).

BACA JUGA:Gubernur Lampung akan Kunker ke Lambar

"Bagi kami sudah bukan hal yang aneh lagi, dan sudah menjadi langganan setiap tahun, dan kami juga tidak bisa menolak karena hujan merupakan anugerah Ilahi, hanya saja yang kami harapkan adalah pemerintah dapat memberikan perhatian, pada warga yang terdampak banjir, mulai dari kebun maupun sawahnya yang terendam air," ujar Joko warga setempat.

Terpisah, Ashari Pemuda setempat membenarkan pernyataan Joko, hanya saja menurut Ashari, dengan adanya badan jalan yang tertutup air tersebut menyebabkan anak-anak tidak bisa menggunakan jalan itu untuk pergi bersekolah.

"Luapan arus sungai Katibung ini cukup deras, saya khawatir dapat membahayakan anak dan adik adik kami yang mau ke sekolah, untuk itu saya menghimbau agar orang tua mengantar langsung anaknya ke sekolah, sebelum air sungai menjadi surut, karena akses lain tidak ada," tegas Ashari.

BACA JUGA:Ilmu Hukum

Sementara Camat Pakuan Ratu, Nurlela, S.Pd., M.Pd., juga membenarkan kalau Kampung Karang Agung mengalami banjir, tetapi menurutnya sudah mulai surut, dan belum membawa kerusakan karena belum merendam tanaman sawah warga.

"Air Sungai masuk ke sawah, kemudian meluap ke jalan raya, tetapi setelah air hujan berhenti banjir sudah mulai surut, dan kami bersyukur air juga tidak sempat merendam sawah warga terlalu lama sehingga belum merusak tanaman," tegas Nurlela.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: