Mau Lihat Gajah Mandi Secara Langsung, Disini Tempatnya

Mau Lihat Gajah Mandi Secara Langsung, Disini Tempatnya

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Sebanyak lima ekor Gajah Sumatera sejak tiga tahun terakhir berada di Pos Patroli Resort Pemerihan Kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) di Pekon Pemerihan, Kecamatan Bangkunat, Kabupaten Pesisir Barat.

Keberadaan lima ekor gajah Agam, Renol, Haryono, Rahmi dan Mela tersebut sebagai upaya untuk mencegah terjadinya konflik antara gajah dengan manusia di wilayah tersebut.

Kepala Resort Subki, mengatakan saat ini sudah ada lima gajah sumatera yang terlatih di kawasan TNBBS khususnya Resort Pemerihan. 

Sebelum ditempatkan di TNBBS pada tahun 2019 lalu kelima gajah tersebut terlebih dahulu mendapatkan pelatihan di Taman Nasional Way Kambas (TNWK), Lampung Timur.

BACA JUGA:Angin Puting Beliung Rusak Beberapa Rumah di Pekon Purawiwitan

“Jadi, sebelum kelima gajah itu di tempatkan di kawasan ini, telah terlebih dahulu mendapatkan pelatihan di Kawasan TNWK yang merupakan tempat berlatihnya gajah yang akan ditugaskan untuk menjadi penghalau jika ada konflik antara gajah dengan manusia,” kata dia.

Dijelaskannya, setiap hari kelima gajah tersebut akan dibawa oleh mahout atau pawang dan lima orang helper. 

Setiap gajah memiliki satu mahout dan satu helper artinya ada dua orang yang bertugas menjaga satu ekor gajah.

“Keberadaan mahout dan helper itu berasal dari masyarakat yang berada disekitar penempatan gajah-gajah itu. Sehingga pengawasan bisa lebih maksimal dilakukan,” jelasnya.

BACA JUGA:Malam Pergantian Tahun, Pekon Pahayujaya Gelar Do'a Bersama di Balai Pekon

Menurutnya, aktifitas gajah saat sore hari sudah bisa disaksikan secara langsung oleh masyarakat luas, terutama pada saat pulang dari patroli kegiatan mandi di sungai bisa dilihat secara langsung oleh masyarakat.

“Gajah-gajah itu akan di bawa berkeliling oleh mahout dan helper sekitar pukul 07.00 WIB, kemudian pada sore hari sekitar pukul 15.00 WIB, di bawa pulang, sebelum pulang akan dimandikan terlebih dahulu di sungai,” terangnya.

Lanjutnya, dengan adanya aktivitas para gajah yang rutin dilakukan setiap hari tersebut, masyarakat luas bisa datang langsung ke resort pemerihan untuk menyaksikan kegiatan para gajah tersebut, namun harus menyesuaikan dengan jadwal para gajah itu.

“Jika masyarakat ingin melihat kegiatan gajah ini bisa datang saat sore hari, jika datang pagi atau siang hari maka tidak akan bertemu, karena bisa saja gajah sedang berpatroli atau sedang mencari makan bersama pawangnya,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: