Lestarikan Ikan Endemik Lokal, Gubernur Lakukan Penebaran 300 Ribu Benih Baung di Pringsewu

Lestarikan Ikan Endemik Lokal, Gubernur Lakukan Penebaran 300 Ribu Benih Baung di Pringsewu

--

 BACA JUGA:Bupati Lamtim Kukuhkan Karang Taruna

Dalam kesempatan yang sama, Pj. Bupati Pringsewu, Adi Erlansyah, mengucapkan selamat datang kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dalam rangka Restocking Benih Ikan Endemik Lampung di Kabupaten Pringsewu Bumi Jejama Secancanan. 

"InsyaAllah dengan kehadiran bapak di Kabupaten Pringsewu akan semakin menambah motivasi dan dukungan kepada seluruh warga masyarakat Kabupaten Pringsewu khususnya para Pokdakan, Poklahsar dan Pokmaswas di Kabupaten Pringsewu dalam giatnya meningkatkan perekonomian masyarakat yang lebih baik," ujar Adi Erlansyah

Adi Erlansyah menjelaskan bahwa Kabupaten Pringsewu merupakan salah satu sentra budidaya Ikan Air Tawar di Provinsi Lampung dengan luas lahan 1.067 ha dengan pemanfaatan 516 ha, didukung pula sebanyak 329 Pokdakan, 17 Kelompok Poklahsar, dan 4 Pokmaswas. 

"Dengan potensi besar yang dimiliki oleh Kabupaten Pringsewu maka perlu dukungan Pemerintah Provinsi Lampung dan semua pihak terkait dengan peningkatan produksi, peningkatan kapasitas SDM, permodalan, pemasaran dan pengelolaan perikanan yang berkelanjutan," jelasnya.

 BACA JUGA:Transformasi Pelayanan Pengelola Destinasi Wisata, Hendaknya Hadirkan Layanan Lebih Mudah, Murah dan Cepat

"Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Bapak Gubernur Lampung dan Pemerintah Provinsi Lampung yang telah memberikan begitu banyak bantuan kepada masyarakat Kabupaten Pringsewu," tambahnya.

Bantuan tersebut berupa 60 ribu ekor benih ikan lele, 10 ribu ekor benih ikan nila, 15 ribu ekor benih ikan gurame, 420 ekor induk ikan lele, 225 ribu ekor benih ikan endemik, yang keseluruhan penebarannya telah dilakukan di Telaga Gupit dan sungai Way Sekampung. 

Disertakan pula bantuan 3.660 kg pakan ikan untuk 10 kelompok pembudidaya ikan dan 1 unit perahu karet untuk pengawasan, 300 paket PMTS serta Asuransi Nelayan Berjaya bagi 50 nelayan.

"Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI yang telah banyak memberikan bantuan berupa Benih Ikan Lele, Bantuan Sarana Prasarana Pakan Mandiri, Bantuan Sarana Pengolahan Hasil Perikanan, Paket Budidaya Bioflok Ikan Lele untuk 6 Kelompok di Kabupaten Pringsewu," terangnya.

 BACA JUGA:Danrem 043/Gatam Serahkan Rumah Layak Huni Kepada Warga Lamsel

Melanjutkan Program Pemerintah Provinsi Lampung, Lanjut, Adi Erlansyah, Pemerintah Kabupaten Pringsewu juga telah menganggarkan melalui APBDP dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi setelah wabah Covid-19 yaitu bantuan untuk masyarakat berupa pakan ikan untuk 10 Pokdakan, Benih ikan untuk 20 Pokdakan, Ikan Konsumsi (840 Kg) untuk 2 Pokdakan, Sarana Pemancingan Desa Wisata Perikanan untuk 1 Bumdes, Restocking Ikan Endemik 300 ribu ekor, Sarana Pengolahan Hasil Perikanan, dan Asuransi Pembudidaya/Nelayan untuk 100 orang penerima.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: