2023, DAK Fisik di Pesbar Turun-DAK non Fisik Naik

2023, DAK Fisik di Pesbar Turun-DAK non Fisik Naik

Ilustrasi-freepik.com-

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), mencatat penerimaan dana alokasi khusus (DAK) pada tahun 2023 mendatang, mengalami penurunan yang cukup signifikan dibandingkan tahun 2022. Terutama pada DAK Fisik.

Kabid Anggaran Zayendra, mendampingi Kepala BPKAD Pesbar, Kasmir, S.Sos., mengatakan tahun depan penerimaan anggaran DAK di Kabupaten setempat mengalami penurunan cukup signifikan, dimana hanya DAK fisik reguler dan DAK non fisik yang tersedia.

“Tahun depan anggaran DAK Fisik tinggal sebesar Rp34.888.275.000,- dari jumlah DAK tahun ini sebesar Rp56.151.481.000 yang terbagi dalam sejumlah bidang seperti bidang Pendidikan, kesehatan dan KB, jalan, pengendalian penyakit dan penurunan AKI-stunting, sedangkan DAK non fisik naik menjadi Rp86.321.133.000 dari jumlah tahun ini ada Rp79.633.252.000 yang terbagi dalam sejumlah bidang kegiatan,” kata dia.

Dijelaskannya anggaran DAK yang hilang tahun ini seperti DAK bidang air minum dan sanitasi, meski begitu terdapat sejumlah bidang yang baru muncul tahun ini seperti bidang pengendalian penyakit pada Dinas Kesehatan.

BACA JUGA:KWT Tunas Baru Pekon Sidodadi Terus Mantapkan Pengolahan Lahan

“Untuk anggaran DAK pada bidang lainnya, seperti pada Dinas Perikanan, Dinas PRKP, Dinas Perhubungan dan pada Dinas lainnya sejak tahu ini sudah tidak tersedia lagi dan akan berlangsung hingga tahun depan,” jelasnya.

Sementara itu, pada anggaran DAK non fisik tahun depan mengalami peningkatan, terdapat 16 bidang kegiatan yang tersebar pada sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD).

“Anggaran Dak non Fisik tahun ini tersebar di sejumlah OPD seperti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kesehatan, Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan, Dinas PMPTSP, Dinas P3AKB dan Dinas Pertanian,” pungkasnya. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: