Pemkab Lambar Ikuti Penilaian Tahap III Penghargaan KUR Tahun 2022

Pemkab Lambar Ikuti Penilaian Tahap III Penghargaan KUR Tahun 2022

Kabag Perekonomian Setdakab Lambar Rudi Rahmadian, S.Sos, M.Si--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemkab Lambar mengikuti penilaian tahap III program pemberian penghargaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kategori pemerintah daerah tahun 2022 yang digelar Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia (RI) Deputi Koordinator Ekonomi Makro dan Keuangan melalui aplikasi zoom pada Kamis (22/12/2022).

Kabupaten Lambar bersama enam Provinsi lainnya dan 11 kabupaten/kota, berhasil melaju ke tahap wawancara seleksi tahap III penilaian penghargaan KUR Tahun 2022. Hasil wawancara ini menjadi penentu bagi daerah, untuk meraih penghargaan tertinggi atas pengoptimalan KUR di daerah. 

“Untuk Provinsi Lampung, hanya dua kabupaten yaitu Kabupaten Lampung Barat dan Kabupaten Mesuji yang lolos seleksi tahap II dan berhak mengikuti penilaian tahap III,” ungkap Kabag Perekonomian Setdakab Lambar Rudi Rahmadian, S.Sos, M.Si, Kamis (22/12/2022)

Rudi mengungkapkan, penilaian tahap III dilaksanakan menggunakan metode wawancara secara online melalui aplikasi zoom https://bit.ly/PenilaianTahap3PEMDA dan materi penilaian disampaikan dalam bentuk powerpoint. 

BACA JUGA:Amankan Perayaan Nataru di Lambar dan Pesbar, 121 Personel Gabungan Diterjunkan

Adapun pokok-pokok materi wawancara yang disampaikan yaitu peta jalan (Road Map) pengembangan dan pembinaan bagi UMKM, strategis pemerintah daerah dalam mendukung pencapaian target dan ketepatan sasaran penyaluran KUR tahun 2021 dan tahun 2022, serta peran pemerintah daerah dalam pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi Covid-19.

Selain itu, lanjut Rudi, penerapan Internet of Thing (IoT) dalam pelaksanaan monitoring dan evaluasi KUR oleh pemerintah daerah, serta dukungan kepada penyalur KUR dalam mengatasi perpindahan (switching) debitur dari komersial ke KUR.

Lanjut dia, kemudian peran pemerintah daerah dalam mendorong penyaluran KUR kepada debitur klaster usaha binaan pemda, serta peran pemerintah daerah dalam mendorong penyaluran KUR di sektor produksi, graduasi debitur KUR dan keberlanjutan (sustainability) program pembiayaan UMKM pasca KUR serta terakhir kinerja pemerintah daerah dalam melaksanakan upload data calon debitur potensial ke sistem informasi kredit program. 

BACA JUGA:3 Nama Keluar Sebagai Calon Rektor Unila Lewat Pemungutan Suara Anggota Senat

“Untuk penilaian tahap III menggunakan metode wawancara berjalan lancar dan kita berharap Kabupaten Lampung Barat dapat meraih penghargaan KUR tahun 2022,” harapnya

Sekadar diketahui, ada 18 provinsi, dan kabupaten/kota di Indonesia yang dilakukan penilaian tahap III penghargaan KUR kategori pemerintah daerah tahun 2022. Sesuai dengan jadwal penilaian tahap III dilaksanakan selama tiga hari yaitu Selasa-Kamis (20-22/12/2022).*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: