Calon PPK di Lambar Dicecar Pertanyaan Seputar Pemilu, Integritas Hingga Rekam Jejak

Calon PPK di Lambar Dicecar Pertanyaan Seputar Pemilu, Integritas Hingga Rekam Jejak

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Lampung Barat, mulai melakukan tes wawancara terhadap 232 orang calon petugas ad hoc kecamatan atau Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Tes wawancara dipusatkan di kantor KPUD setempat yang dijadwalkan selama tiga hari, Minggu hingga Selasa (11-13/12/2022), dimulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

Komisioner KPUD Lambar Divisi Sumberdaya Manusia (SDM) Indah Dian Sari, S.H.I, M.H.I., mendampingi Ketua KPUD Arip Sah, S.Kom., mengungkapkan, pelaksanaan tes wawancara terhadap 232 yang sebelumnya dinyatakan lulus dalam tahapan tes tertulis berbasis komputer (CAT/Computer Assisted Test) tersebut, dibagi dalam tiga.

Untuk hari pertama, Minggu (11/12/2022) dimulai dari Calon petugas Ad Hoc dari Kecamatan Airhitam, Bandarnegeri Suoh, Balikbukit, Batubrak dan Batuketulis.

BACA JUGA:370 Calon PPK Lamtim Ikuti Tes Wawancara

Kemudian di hari kedua, Senin (12/12/2022) untuk peserta dari Kecamatan Belalau, Gedungsurian, Kebuntebu, Lumbokseminung dan Pagardewa. Selanjutnya dihari ketiga untuk peserta dari Kecamatan Sekincau, Sukau dan Sumberjaya.

”Untuk bisa mengikuti tes wawancara ini peserta diminta datang tepat waktu sebagaimana jadwal yang telah diumumkan, kemudian mengenakan pakaian atasan putih dan bawahan warna gelap, membawa tanda terima pendaftaran dan identitas diri,” ungkap Indah Dian Sari.

Pada tahapan tes wawancara, kata dia, peserta dicecar sejumlah pertanyaan, yang berkaitan dengan pengetahuan kepemiluan, integritas kemudian terkait dengan rekam jejak. Nantinya dari hasil wawancara ini, dari 232 orang peserta ini akan ditetapkan 75 orang atau masing-masing lima orang untuk setiap kecamatannya.

Sebelumnya, sebanyak 232 Calon Petugas Ad Hoc Kecamatan untuk Pemilu 2024 mendatang di Lampung Barat, berhasil lolos pada tahapan tes tertulis yang dilaksanakan oleh KPUD Lambar, 6-7 Desember 2022, yang dilaksanakan di laboratorium komputer Primagama Liwa dengan menggunakan 60 perangkat dalam setiap sesinya.

BACA JUGA:KPU Pesbar Gelar Tes Wawancara, Calon PPK Harus Pahami Tiga Poin Ini

Untuk jumlah peserta tes sebanyak 558 orang dan jumlah yang hadir adalah 508 orang serta jumlah yang tidak hadir ada 50 orang. Dari 508 orang peserta yang mengikuti tes tertulis, dan telah terjaring sebanyak 232 orang untuk melaju ke tes wawancara, atau tahapan tes selanjutnya.

Untuk diketahui, KPUD Lambar melakukan rekrutmen petugas ad hoc kecamatan. Jumlah yang akan direkrut mencapai 75 orang, atau masing-masing lima orang di setiap kecamatan yang tersebar di 15 kecamatan di kabupaten setempat.

Tahapan rekrutmen tersebut, dimulai dengan pengumuman pendaftaran calon anggota PPK 20-24 November, penerimaan pendaftaran calon anggota PPK 20-29 November, penelitian administrasi calon anggota 21 November hingga 1 Desember, pengumuman hasil penelitian administrasi calon anggota PPK 2-4 Desember 2022, serta seleksi tertulis calon anggota PPK 5-7 Desember.

Kemudian, pengumuman hasil seleksi tertulis calon anggota PPK 8-10 Desember, tanggapan dan masukan masyarakat terhadap calon anggota PPK 2-10 Desember, wawancara calon anggota PPK 11-13 Desember, pengumuman hasil seleksi calon anggota PPK 14-16 Desember, penetapan anggota PPK 16 Desember, dan pelantikan anggota PPK dijadwalkan pada 4 Januari 2023 mendatang.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: