Beruang Liar Masuk Pemukiman di Ulok Mukti Meresahkan Warga

Beruang Liar Masuk Pemukiman di Ulok Mukti Meresahkan Warga

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Masyarakat Pekon Ulok Mukti Kecamatan Ngambur, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) diresahkan dengan kemunculan seekor beruang liar yang masuk ke pemukiman warga sejak satu bulan terakhir. 

Bahkan, belum lama ini kemunculan beruang liar tersebut telah memangsa ternak unggas milik warga, dan juga sempat masuk ke dapur rumah warga setempat.

Peratin Ulok Mukti, A. Hibzon, mengatakan, sudah sekitar satu bulan terakhir beruang liar yang diduga berasal dari kawasan hutan setempat masuk ke pemukiman warga hingga meresahkan masyarakat, karena khawatir beruang liar itu menyerang warga. 

Terlebih, sejak beberapa hari terakhir sudah ada ternak unggas milik warga yang dimangsa beruang itu.

BACA JUGA:Hadiri Musda PPNI Pringsewu, Adi Erlansyah : Perawat Harus Profesional

“Beruang itu juga sempat memakan minyak goreng yang ada di dapur rumah warga. Untuk itu, kita berharap bisa segera ditangani oleh pihak-pihak terkait, sehingga beruang liar itu bisa dipindahkan ke kawasan hutan lainnya,” katanya, Kamis (1/12).

Dijelaskannya, hingga kini pihaknya belum dapat memastikan jenis beruang itu apakah jenis beruang madu atau jenis lain. 

Karena ada warga yang pernah melihat langsung dan mengambil gambarnya itu merupakan beruang dewasa dengan ukuran besar. 

Masyarakat menduga beruang yang masuk ke kawasan pemukiman itu lebih dari satu ekor. 

BACA JUGA:Arinal Serahkan Bantuan Sosial Tunai Dampak Kenaikan Inflasi Daerah di Jatimulyo

Karena sudah banyak warga yang kerap menemukan beruang liar itu masuk ke dalam pemukiman warga.

“Kalau tidak segera ditanggulangi jelas akan berdampak pada aktivitas masyarakat, untuk itu, mudah-mudahan secepatnya bisa ditangani oleh pihak terkait,” jelasnya.

Ditambahkannya, mengenai teror beruang liar itu pihaknya sudah berkoordinasi dengan TNBBS yang ada di wilayah setempat untuk melakukan penangkapan dan pelepasan kembali ke kawasan hutan maupun lokasi yang jauh dari pemukiman warga. 

Dengan begitu mudah-mudahan masyarakat dapat lebih nyaman untuk beraktivitas sehari-hari, baik saat ke kebun maupun aktivitas lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: