Warga Dusun 8 Kampung Bonglai Gotong Royong Buat Badan Jalan ke Kebun Kopi

Warga Dusun 8 Kampung Bonglai Gotong Royong Buat Badan Jalan ke Kebun Kopi

--

WAY KANAN, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Masyarakat Kampung Bonglay Kecamatan Banjit Way kanan, bersama-sama dengan Sang Kepala Kampung Iwan Setiawan, SH, pada Minggu (27/11) bergotong royong membuka ruas badan jalan baru di lahan perkebunan kopi milik warga.

Lahan yang digunakan merupakan hibah dari warga untuk pembuatan jalan yang dapat menghubungkan Dusun Margalaksana Bonglai menuju ke Dusun Bindu yang berada di wilayah Abung Timur Kecamatan Bukit Kemuning, Lampung Utara.

Puluhan warga secara sukarela bersama pemerintah kampung Bonglai membuat badan jalan untuk kemudian dijadikan jalan baru untuk akses penghubung menuju kebun dan Desa Bindu kecamatan bukit kemuning. 

"Yang kami lakukan ini dari warga untuk warga, dimana dengan adanya jalan baru ini nanti diharapkan akan mempermudah akses warga menuju kebun sekaligus untuk mempermudah hubungan sosial warga kami dengan warga, Desa Bindu Lampung Utara," terang Iwan Setiawan, Kepala Kampung Bonglai. 

BACA JUGA:Jon Karim Berterima Kasih, Warga Pemangku Sinaragung Hibahkan Tanah Untuk Jalan Umum

“Ada puluhan bahkan ratusan hektar kebun kopi warga disana, yang selama ini menggunakan kendaraan roda dua untuk mengeluarkan hasil bumi tatkala lagi musim, pembukaan badan jalan baru ini letaknya di dusun 08 marga laksana merupakan swadaya masyarakat kampung dan bukan dana desa atau lainya, tetapi dari hasil gotong royong bersama masyarakat," imbuhnya. 

Masih menurut Iwan, pembangunan harus berkelanjutan dan berguna bagi masyarakat kedepannya, karenanya ia sepakat secara bersama warga menggarap badan jalan terlebih dahulu, untuk selanjutnya akan dirapikan.

"Antusiasme warga untuk gotong royong masih kuat di sini jadi kalo untuk kepentingan masyarakat semua mau ikut kerja," jelasnya. 

Selain itu, menurut Iwan, dengan gotong royong pekerjaan yang berat menjadi ringan bila dikerjakan secara bersamaan dan ini bisa dicontoh di tempat lain, ada kemauan membuka jalan seperti ini dirembukkan kalau sepakat kerjakan bersama-sama.

BACA JUGA:Link Nonton Streaming Spanyol vs Jerman World Cup 2022, Laga Penentuan Der Panzer

"Majunya wilayah tergantung majunya sebuah kampung, kalau kampung maju yakin lah kabupatennya pasti ikut maju," pungkasnya.(sah/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: