Wabup Way Kanan Buka Festival Budaya Daerah HUT Dharma Wanita Persatuan ke-23

Wabup Way Kanan Buka Festival Budaya Daerah HUT Dharma Wanita Persatuan ke-23

--

WAY KANAN, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dalam rangka menyambut HUT Dharma Wanita Persatuan ke-23 tahun 2022 sekaligus sebagai upaya ikut melestarikan dan pengembangan kebudayaan daerah sebagai salah satu khasanah kebudayaan nasional, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Way Kanan menggelar festival budaya yang diikuti oleh perwakilan dari 15 kecamatan, Rabu (16/11). 

Kegiatan Festival budaya yang dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati kabupaten Way Kanan Drs. H. Ali Rahman, SH., MM., tersebut dilangsungkan di Gedung Serbaguna Pemkab Kabupaten Way Kanan, dan dihadiri juga oleh Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah, Bagian Setdakab, Pimpinan Kecamatan se-Kabupaten Way Kanan. 

Kegiatan yang dilaksanakan atas Kerjasama Disdikbud beserta Dharma Wanita Persatuan unsur Disdikbud itu sendiri mengusung Tema “Pelestarian Kebudayaan Untuk Mewujudkan Pembangunan Berkarakter Kebangsaan Sebagai Jati Diri Daerah”.

Pada kesempatan itu Wabup Ali Rahman menyampaikan bahwa NKRI merupakan negara yang memiliki berbagai kebudayaan dari Sabang sampai Merauke. 

BACA JUGA:Pemkab Pringsewu Raih Penghargaan Transaksi Nilai Terbesar Kedua Belanja e-Katalog Lokal se-Provinsi Lampung

Dimana budaya tersebut merupakan peninggalan dari nenek moyang yang semestinya pasti akan diturunkan kepada generasi penerus agar budaya itu tidak punah. 

“Akan tetapi, pada kenyataannya banyak generasi muda yang kurang peduli dengan budaya peninggalan nenek moyang tersebut. Sehingga perlu diadakannya sosialisasi tentang betapa pentingnya melestarikan nilai-nilai didalam suatu masyarakat agar budaya yang kita miliki ini tidak punah,” ujar Ali Rahman.

“Saya selaku Pemerintah Kabupaten Way Kanan memberikan apresiasi kepada Disdikbud Way Kanan yang telah melaksanakan kegiatan festival budaya sebagai upaya melestarikan nilai-nilai budaya. Karena kecenderungan terjadinya pergeseran nilai-nilai budaya menuntut semua pihak untuk terlibat dalam pelestarian nilai-nilai budaya Bangsa termasuk nilai-nilai budaya Nasional,” imbuhnya.

Sementara Kepala Disdikbud Way Kanan Machiavelli HT, S.STP, M.Si menjelaskan bahwa kegiatan festival budaya daerah dapat menjadi media untuk membangun animo generasi muda dalam menggali, mengenali dan memahami nilai-nilai budaya tradisi di Kabupaten Way Kanan yang sarat dengan kearifan dan tata nilai yang khas, serta membangkitkan rasa cinta bagi generasi muda terhadap budaya lokal.

BACA JUGA:Arinal Groundbreaking Pembangunan Gedung Pusat Kajian Cassava, Kelapa Sawit dan Tebu

“Kegiatan ini diikuti oleh sekolah sekolah yang ada di Way Kanan baik tingkat SD,SMP bahkan sampai Sekolah Menengah Atas dan SMK, dan Alhamdulillah kita juga sudah menerima untuk Umum dalam pelaksanaan Lomba ini,” tambahnya 

Diketahui festival dilaksanakan selama tiga hari pada tanggal 16 hingga 18 November dan perlombaan yang diadakan Pop Lampung, Lomba Melukis Kreasi Batik, Lomba Tari Kreasi Lampung, Lomba Pisaan, Lomba Gitar Tunggal Klasik dan Lomba Gamolan.(sah/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: