Arinal Laksanakan Gerakan Tanam Cabai untuk Kendalikan Inflasi Pangan

Arinal Laksanakan Gerakan Tanam Cabai untuk Kendalikan Inflasi Pangan

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) yang digelar Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) di Provinsi Lampung tahun 2022 terus berlanjut. 

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi melaksanakan Gerakan Tanam Cabai di Desa Trimulyo, Kabupaten Pesawaran, Selasa (15/11). 

Gerakan Tanam Cabai ini menjadi salah satu langkah penting yang dilakukan Pemprov Lampung dan Kabupaten/Kota melalui TPID untuk mengendalikan inflasi pangan.

Pada kesempatan itu, Gubernur  Arinal Djunaidi mengajak semua pihak terkait untuk terus membangun semangat dan kebersamaan dalam mengendalikan inflasi khususnya inflasi pangan di Provinsi Lampung. 

BACA JUGA:Pemkab dan Kejari Lamtim Teken MoU Penanganan Masalah Hukum Datun

"Mengingat saat ini kita tengah dihadapkan pada berbagai tantangan seperti ketidakpastian ekonomi global yang dampaknya tidak hanya terhadap perekonomian nasional tetapi juga daerah," ujarnya. 

Seperti diketahui, Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada bulan Oktober 2022, Provinsi Lampung Lampung mengalami deflasi 0,47% dan secara kumulatif tahunan, inflasi Provinsi Lampung tercatat sebesar 4,84%. 

Data ini menunjukan bahwa Provinsi Lampung masih di atas target inflasi tahun 2022 yang ditetapkan pada kisaran 2-4%. 

Gubernur Arinal berpendapat gerakan menanam cabai memerlukan dukungan dari semua pihak untuk menjaga konsistensi dan keberlangsungan beberapa program pengendalian inflasi, sehingga target akhir yakni angka inflasi yang terkendali dan stabil dapat dicapai. 

BACA JUGA:BPBD Way Kanan Siagakan Petugas dan Call Center Tanggap Bencana

Ia mengatakan peningkatan kebutuhan masyarakat akan cabai tentunya harus diimbangi dengan produksi agar tidak terjadi kelangkaan atau kenaikan harga yang sangat tinggi. 

Hal tersebut menurutnya perlu dilakukan mengingat cabai termasuk kelompok komoditas pangan utama karena ketersediaan dan harganya sangat berpengaruh pada inflasi dan perekonomian Nasional. 

Gubernur Arinal mengapresiasi semua pihak yang telah bersinergi dalam pengendalian inflasi di Provinsi Lampung dan secara khusus kepada Bank Indonesia (BI) yang telah berkontribusi pada pelaksanaan kegiatan hari ini bersama-sama dengan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten Kota yang tergabung dalam TPID. 

Ia berharap kegiatan Gerakan Tanam Cabai ini dapat   meningkatkan produksi dan ketersediaan komoditas cabai merata sepanjang tahun serta menjaga stabilitas harga pangan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: