BPBD Way Kanan Siagakan Petugas dan Call Center Tanggap Bencana

BPBD Way Kanan Siagakan Petugas dan Call Center Tanggap Bencana

Kepala BPBD Way Kanan, Hi. Hendri Syahri, ST., MT.--

WAY KANAN, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kabupaten Way Kanan menjadi salah satu daerah di Lampung yang begitu rawan akan berbagai bencana alam, terutama bencana banjir, tanah longsor dan angin puting beliung.

BPBD Way Kanan telah memetakan kecamatan yang rawan bencana dan menyiagakan petugas untuk memberikan bantuan sekaligus evakuasi warga terdampak bencana lengkap dengan nomor Call Center tanggap Bencana.

Hal itu dikatakan Kepala BPBD Way Kanan, Hi. Hendri Syahri, ST., MT., melalui Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana Way kanan Yudi Hidayatullah SE,MM. .

“Untuk Call Center Penanganan Bencana Way Kanan, masyarakat bisa menghubungi Nomor 6282176595703 dan atau 07234761335, selain itu kami juga telah membagi pelaksanaan pembagian tugas pemberian bantuan yakni di daerah Penanganan I (Pakuan Ratu, Negeri Besar dan Negara Batin), Daerah Penanganan II meliputi (Bahuga, Buay Bahuga dan Bumi Agung serta Way tuba) dan untuk Daerah Penanganan III yang meliputi Kecamatan Banjit, Rebang Tangkas, Kasui dan Gunung labuhan.

BACA JUGA:Begini Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bahan Alami

Masih menurut Hi. Hendri Syahri bahwa, untuk bencana alam, baik banjir maupun tanah longsor dan lain lain, karena setiap Kampung ada tim penanganan bencana, dari Tim Kampung Nantinya yang akan menginformasikan ke ke pusat pengendalian, BPBD Way Kanan.

“Di Way Kanan terdapat 125 Kampung yang teridentifikasi rawan bencana, untuk itu kami telah membentuk satgas PB (Penanganan Bencana red), bukan hanya di 125 Kampung itu saja melainkan di 227 Kampung dan Kelurahan yang ada di Way kanan, dimana Tim Satgas PB itu nanti yang akan menyampaikan ke call center penanganan bencana di Way Kanan yang memang siaga 24 jam,” papar Hendri Syahri, seraya menambahkan pihaknya juga telah menyiapkan perahu mesin, lengkap Perangkatnya (SDM nya red), dengan personil 1 pleton atau 31 orang TRC (Team Reaksi Cepat), yang setiap info masuk langsung bergerak menuju lokasi bencana guna memberikan bantuan.

Dalam pada itu, Sairul Sidik, SH, Ketua Komisi IV DPRD Way Kanan yang juga Ketua DPC PKB Way Kanan berharap agar BPBD Way Kanan tidak hanya terpapar tentang teori saja melainkan benar benar mempersiapkan anggotanya untuk menghadapi bencana banjir yang kapan saja melanda Way Kanan, karena di Way kanan terdapat 8 dari 15 Kecamatan yang benar benar Rawan bencana Alam.

“Kalau ditempat saya Bahuga, Bumi Agung dan Buay Bahuga, sekarang ini belum terlalu terdampak akibat tingginya curah hujan di Way Kanan, akan tetapi dari laporan yang saya terima dari Pengurus PKB di Negeri Besar dan Negara Batin Banjir itu sudah dimulai minggu lalu, walaupun tidak ada korban,” tegas Sairul Sidiq.

BACA JUGA:Jadi Desa Model Konvergensi Penanganan-Pencegahan Stunting, Sukaraja Sambut Kedatangan TP-PKK Lampung

Pernyataan Sairul Sidiq dibenarkan oleh Bambang Irawan , Ketua DPD II Partai Golkar Way Kanan, yang meminta agar Team TRC dari BPBD Way kanan benar benar stanby dan bahkan kalau mungkin sudah ditempatkan di tempat tempat yang memang telah dipetakan sebagai Kampung atau Kecamatan yang rawan bencana,

“Hujan Kemarin sudah membuat puluhan Hektar Sawah dan kebun warga Bahuga, Pakuan ratu Negara batin dan Negeri besar terendam, dan pasti banyak yang puso, ini tugas Penyuluh di Kecamatan masing masing untuk mendata dan segera dilaporkan ke Pemkab Way kanan agar petani petani itu mendapatkan bantuan baik dari Dinas Sosial dan atau dari Dinas Pertanian dan instansi terkait lainnya,” tegas Anggota DPRD Way Kanan tersebut. (sah/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: