Tari Khepong Antarkan SMAN 1 Pesisir Tengah Raih Juara I se-Lampung

Tari Khepong Antarkan SMAN 1 Pesisir Tengah Raih Juara I se-Lampung

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID — Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), kembali berhasil menorehkan prestasi di ajang seni tari tingkat SMA/SMK se-Provinsi Lampung, pada kegiatan Liga Tari tingkat SMA/SMK se-Provinsi Lampung yang diadakan oleh UPTD Taman Budaya pada 8-9 November 2022 lalu.

Kepala SMAN 1 Pesisir Tengah, Putrawan Jaya Ningrat, S.Pd, M.Si., mengatakan, dalam lomba Liga Tari tingkat SMA/SMK se-Provinsi Lampung yang telah digelar oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Lampung melalui UPTD Taman Budaya yang dipusatkan di Taman Budaya, Bandar Lampung itu, SMAN 1 Pesisir Tengah yang menjadi perwakilan Kabupaten Pesbar ini berhasil menjadi juara I se-Provinsi Lampung.

“Kita cukup bangga dengan prestasi yang diraih oleh para siswa kita ini. Tentu prestasi yang didapat itu tidak terlepas peran serta dari semua pihak baik guru, pelatih maupun terkait lainnya,” katanya, Senin (14/11).

Lanjutnya, kegiatan yang diselenggarakan oleh Disdikbud Provinsi Lampung melalui UPTD Taman Budaya, dalam rangka pelestarian dan upaya peningkatan apresiasi, serta keterampilan terutama dibidang seni tari itu mudah-mudahan bisa berdampak untuk semua sekolah terutama yang ada di Kabupaten Pesbar ini dalam pengembangan seni tari tersebut.

BACA JUGA:Terkait 6 JPTP Tidak Lolos, Sekdaprov : Nanti akan Dilakukan Pengujian Ulang

“Untuk seni tari yang ditampilkan pada Liga Tari tingkat SMA/SMK se-Provinsi Lampung tersebut, SMAN 1 Pesisir Tengah mengusung judul tari khepong,” ungkapnya.

Dijelaskannya, dalam sinopsis tarian tersebut, bahwa khepong merupakan hutan kemasyarakatan marga Krui yang sebagian besar ditanami damar dan berbagai macam tumbuh-tumbuhan lain dalam memenuhi kebutuhan masyarakat Krui. 


--

Menurut kisah, khepong merupakan tempat tinggal suku Tumi yakni suku yang pertama kali mendiami Krui, sehingga pohon damar dianggap mampu berkomunikasi dengan masyarakat setempat.

“Tarian ini terinspirasi dari kegiatan dan juga tradisi masyarakat Pahmung yang biasa dilakukan di khepong seperti nyukut (menderes damar), dan ngumbai (melantunkan doa dengan kemiyan) sebagai bentuk rasa syukur dan tolak bala,” jelasnya.

BACA JUGA:Badan Jalan Amblas, Kendaraan yang Melintas Dibatasi

Selain itu, kata dia, tarian khepong tersebut juga mempresentasikan bahwa hutan damar bukan hanya sekedar alam yang memberikan manfaatnya, melainkan kearifan lokal yang menghubungkan jiwa dengan sang alam dan tempat mengadu bagi masyarakat dari segala bentuk keresahan hati. 

Sedangkan untuk jumlah penari dalam tarian khepong itu diikuti oleh tujuh siswi. Dengan penata tari Rian Kurniawan dan Hendri Prayoga. Kemudian, penata music Wisnu Nugroho, dan penata busana Gustiana dan Lembu Suro.

“Di tahun 2020 lalu, dalam ajang yang sama SMAN 1 Pesisir Tengah juga berhasil meraih juara II se-Lampung, dan di tahun 2022 ini prestasi itu meningkat dan berhasil menjadi juara I se-Lampung. Kedepan tentu kita berharap prestasi ini bisa terus dipertahankan dan ditingkatkan kembali,” pungkasnya. (yan/d1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: