Pimpin Upacara di Madrasah, Mukip: Nilai Perjuangan Pahlawan Bagi Siswa adalah Giat Belajar

Pimpin Upacara di Madrasah, Mukip: Nilai Perjuangan Pahlawan Bagi Siswa adalah Giat Belajar

--

LAMBAR, MEDILAAMPUNG.CO.ID – Peringatan hari pahlawan tahun 2022 diisi dengan kegiatan upacara yang digelar oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Barat di MTs Negeri 1 Lambar Kamis, (10/11/2022).

Kegiatan itu dipimpin oleh Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Mukip Zaman, dan dihadiri sejumlah kepala seksi dan Penyelenggara pada Kankemenag Lambar, Kepala Sekolah MTsN 1 Lambar Arief Budiman, Dewan Guru serta seluruh Pegawai Kankemenag dan siswa/i.

Di kesempatan itu, Mukip Zaman menyampaikan pesan dari Menteri Sosial RI Tri Rismaharini dimana upacara itu digelar sebagai bentuk penghormatan atas jasa para pahlawan dalam memerdekakan Indonesia. 

“Meskipun upacara pada hari ini sedang diguyur hujan, akan tetapi tidak mengurangi semangat kita semua untuk tetap memperingatinya,” ungkapnya.

 BACA JUGA:Puskesmas Liwa Edukasi Masyarakat Tentang Bahaya Penyakit IMS

Menurutnya, implementasi nilai perjuangan pahlawan bagi seorang siswa adalah dengan giat belajar. Selain itu juga sikap tanggap terhadap hal sekecil apapun yang terjadi di sekitarnya.

“Kalian adalah pahlawan bagi MTsN 1 Lambar, pahlawan kebersihan, pahlawan prestasi akademik, dan pahlawan prestasi non akademik. Dengan prestasi yang telah kalian peroleh dan kebaikan-kebaikan yang kalian sebarkan dapat mewujudkan cita-cita madrasah menjadi madrasah hebat bermartabat,” tuturnya.

Ia juga mengatakan bahwa peringatan Hari Pahlawan yang masih dalam kondisi diguyur hujan, penting dilakukan demi mengingat kembali momentum perjuangan para Pahlawan bangsa, demi memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa yang dilandasi semangat serta nilai kepahlawanan.

“Seperti yang kita ketahui bahwa bangsa Indonesia ini merdeka sejak tahun 1945. Tentu banyak sekali tantangan dan rintangan mendera bangsa ini. Sudah banyak sekali darah yang tertumpah demi meraih dan menjaga kemerdekaan bangsa ini. Maka sudah seyogyanya kita sebagai generasi penerus harus bisa mempertahankan dan mengisinya dengan kegiatan yang membangun,” imbuhnya.

 BACA JUGA:Hari Pahlawan, Pampangan Giatkan Perbaikan Jalan Berlubang

Terakhir, ia berpesan bahwa sudah saatnya siswa diajak untuk belajar tentang pahlawan, karena selama ini banyak siswa yang seakan melupakan kisah heroik para pahlawan bangsa ini.

“Sudah lama siswa tidak belajar terkait bangsa ini. Apalagi tentang pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan bangsa. Maka sudah saatnya kita sebagai pendidik mulai membimbing, mengarahkan dan menginformasikan kepada siswa terkait kemerdekaan bangsa ini. Pahlawan yang sudah rela menumpahkan darahnya demi kemerdekaan,” paparnya.

Tak lupa ia menyampaikan pesan Menteri Sosial RI untuk memberantas kebodohan, perangi kemiskinan dan upaya pecah belah bangsa untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur.

”Kita lawan paham radikal, kita tumbuh kembangkan semangat gotong royong untuk menyongsong masa depan yang cerah,” pungkasnya.(edi/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: