Warga Binaan Rutan Kotabumi Ikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Warga Binaan Rutan Kotabumi Ikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila

karutan Kotabumi Budi Setyo Prabowo Gaungkan Semangat Bhinneka Tunggal Ika Menuju Indonesia Emas ---

LAMPURA, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Oktober, Rutan Kelas IIB Kotabumi menggelar upacara yang penuh khidmat dan semangat nasionalisme. 

Tema yang diangkat dalam upacara ini adalah "Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas". Kegiatan tersebut dihadiri oleh jajaran pejabat struktural, pegawai, serta warga binaan Rutan Kelas IIB Kotabumi.

Inspektur Upacara pada peringatan ini adalah Kepala Rutan Kotabumi, Budi Setyo Prabowo, yang didampingi oleh Jayeng Supriyanto sebagai Perwira Upacara dan Tri Ghaly Ramadhitya sebagai Komandan Upacara. 

Acara berlangsung di Lapangan Upacara Rutan, dimana berbagai elemen Rutan ikut berpartisipasi.

BACA JUGA:Plt.Bupati Pandu Kesuma Dewangsa Pimpin Upacara Kesaktian Pancasila

Dalam rangkaian acara, dilakukan pembacaan Undang-Undang Dasar 1945, Pancasila, serta Naskah Ikrar Kesaktian Pancasila. 

Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen bersama untuk terus menjaga Pancasila sebagai ideologi negara serta motivasi bagi warga binaan untuk mengimplementasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Kepala Rutan, Budi Setyo Prabowo, dalam amanatnya mengingatkan kembali sejarah penting di balik Hari Kesaktian Pancasila. 

"Pada 30 September 1965, kelompok komunis berusaha mengganti Pancasila dengan ideologi komunis. Peristiwa tersebut dikenang dengan penculikan dan terbunuhnya 6 jenderal dan 1 perwira di Lubang Buaya," ujarnya. 

BACA JUGA:Pentingnya Beragama dalam Kehidupan

Lebih lanjut, ia menekankan bahwa Pancasila adalah fondasi yang kokoh bagi bangsa Indonesia dalam menjalani kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Selain itu, Karutan juga menyempatkan diri untuk memberikan pantun yang penuh semangat: "Aduhai cantiknya dia si Cinderella, bersepatu kaca menggendong boneka, selamat Hari Kesaktian Pancasila, mari gaungkan Bhinneka Tunggal Ika."

Acara ditutup dengan doa bersama serta sesi foto dengan latar belakang banner Hari Kesaktian Pancasila. Seluruh rangkaian kegiatan berjalan dengan lancar, penuh khidmat, dan kondusif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: