Tim GLD Lamtim Bangga Bisa Studi Literasi di Lambar

Tim GLD Lamtim Bangga Bisa Studi Literasi di Lambar

--

BACA JUGA:Pengurus PJS Konsel Resmi Terbentuk

"Keseriusan pemerintah daerah dalam mewujudkan Kabupaten Literasi yakni dengan diterbitkannya PERBUP No.19/2018 tentang Gerakan Literasi Daerah," katanya.

Tidak cukup sampai di situ, untuk membuat program tersebut terus berkesinambungan, telah disahkan PERDA No.13/2021 tentang Kabupaten Literasi. 

Komitmen Kabupaten Lampung Barat menjadikan kabupaten literasi mendapat respon dan sambutan positif dari seluruh lapisan masyarakat.

Terbukti, di Kabupaten Lampung Barat saat ini sudah mempunyai 79 Lamban Baca dan 476 pojok baca yang tersebar di pekon-pekon dan fasilitas umum seperti rumah sakit, perbankan, puskesmas, sekolah dan beberapa komunitas literasi, kemudian adanya perpustakaan menggunakan 15 bentor keliling di 15 Kecamatan.

BACA JUGA:Peringati Hari Pahlawan, Nunik : Sebagai Momentum Perkuat Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Selain itu apresiasi juga didapatkan dari pemerintah pusat dan daerah, yang di antaranya yaitu Kabupaten Lampung Barat meraih juara harapan 1 lomba perpustakaan desa tingkat nasional tahun 2019, juara 1 lomba perpustakaan desa tingkat nasional tahun 2021, selain itu dua tokoh literasi Lampung Barat mendapat penghargaan tertinggi nasional, Bupati H. Parosil Mabsus satu dari tujuh kepala daerah di Indonesia kategori pejabat public dan ibu Yusmalasari, S.Si Kategori Masyarakat, berupa Jasa Dharma Pustaloka dari Kepala Perpusnas Tahun 2021. 

Kemudian juara 2 transformasi perpustakaan Pekon tingkat Provinsi Lampung Tahun 2021, juara 3 transformasi perpustakaan daerah tingkat Provinsi Lampung Tahun 2021.

Bentuk keberhasilan dari literasi tersebut, kini Kabupaten Lampung Barat telah dikunjungi beberapa kabupaten tetangga di Provinsi Lampung termasuk Kabupaten Lampung Timur.

"Kami juga sudah menerima kunjungan dari Kabupaten Tulang Bawang Barat, Kabupaten Tanggamus, Kabupaten Lampung Tengah, Kabupaten Pesisir Barat dan terakhir kemarin dari Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu untuk bertukar pemahaman dalam memajukan Literasi," ungkap Ny. Zelda Naturi Nukman.

BACA JUGA:Andika Kangen Band Sukses Goyang Pengunjung Lampung Fair

Terakhir, pihaknya berharap dengan adanya kegiatan tersebut, hal itu dapat menambah semangat dan spirit untuk memajukan literasi yang lebih baik.

"Mudah-mudahan dengan terjalinnya silaturahmi ini dapat menambah spirit dan semangat kita untuk terus berjuang memajukan literasi di daerah kita masing-masing demi tercapainya Lampung Berjaya dan Indonesia maju," pungkasnya.

Untuk diketahui, pembelajaran literasi tersebut narasumbernya menghadirkan langsung Drs. Junaidi Jamsari selaku wakil ketua II tim GLD Kabupaten Lampung Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: