Peratin Support Orientasi P4K Nakes Puskesmas Airhitam

Peratin Support Orientasi P4K Nakes Puskesmas Airhitam

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Peratin Sumberalam, Kecamatan Airhitam, Kabupaten Lampung Barat, yang juga Ketua Apdesi setempat, Husain, mewakili seluruh peratin di kecamatan itu memberikan apresiasi kepada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Airhitam yang melakukan orientasi Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K) di Balai Kemasyarakatan pekon itu, Kamis (5/11).

Dalam orientasi itu tim puskesmas dipimpin Kepala Puskesmas Nurbaiti, S.Kep., bersama jajaran diantaranya Penjabat (Pj) KIa Devi Dianti, Amd.Keb., Pj. Gizi  Elsi Raheni, Amd.Keb., Pj Promkes Iman Aulia, S.K.M.M,M., Dan staf lainnya. Dan peserta seluruh peratin, bidan desa, kader posyandu dan tokoh masyarakat, yakni melibatkan tiga orang dari unsur PKK dan lima orang kader posyandu setiap pekon. Dari Sepuluh pekon.

Dalam sambutannya Husain menyampaikan, di bidang kesehatan masyarakat sedikit banyaknya di bidang kesehatan, diantaranya dalam persalinan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan akibat keteledoran. 

"Di kehidupan sekarang ini semua sektor dilaksanakan lebih canggih, karena itu kita sebisa mungkin mengetahui poin-poin yang membahayakan dan untuk mengantisipasinya, salah satunya dengan mengikuti orientasi P4K, maupun pembinaan lainnya," ungkapnya.  

BACA JUGA:PD Aisyiyah Lambar Gelar Seminar Daerah Memutus Mata Rantai LGBT, Selamatkan Generasi

Disampaikan Nurbaiti, P4K yaitu Pemeriksaan kehamilan yang dilakukan oleh bidan sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil, suami dan keluarga tentang Kehamilan berisiko, Bahaya kehamilan, Ajakan pada ibu, suami dan keluarga untuk merencanakan persalinan.

Lanjutnya tujuan P4K antara lain Suami, keluarga dan masyarakat paham tentang bahaya persalinan, adanya rencana persalinan yang aman. Adanya rencana kontrasepsi yang akan dipakai, adanya dukungan masyarakat, tokoh masyarakat, kader, dukung untuk ikut KB pasca persalinan.

Adanya dukungan sukarela dalam persiapan biaya, transportasi, donor darah, Memantapkan kerjasama antara bidan, dukun bayi dan kader. Karena penyebab utama kematian ibu saat ini adalah Perdarahan, Eklampsia dan Infeksi.

Dan untuk mencegah apa yang dikhawatirkan dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), konferensi lintas sektor dalam upaya perbaikan gizi masyarakat. (rin/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: