BPJN Satker Wilayah II PPK 2.3 Kerahkan Alat Berat Tangani Longsor di Jalur Liwa-Krui

BPJN Satker Wilayah II PPK 2.3 Kerahkan Alat Berat Tangani Longsor di Jalur Liwa-Krui

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Kementerian PUPR melalui Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Satker Wilayah II PPK 2.3 Batas Provinsi Bengkulu - Sp.Gunung Kemala - Padang Tambak mengerahkan dua unit alat berat jenis Excavator dan backhoe loader untuk membersihkan material longsor di jalur Liwa-Krui tepatnya di kilometer (KM) 20 Kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS), Pekon Kubuperahu, Kecamatan Balikbukit, Kabupaten Lampung Barat Kamis (13/10/2022).

Selain melakukan penanganan, BPJN Satker Wilayah II PPK 2.3 itu juga memastikan akan menstandby-kan alat berat selama cuaca ekstrim guna mengantisipasi adanya bencana longsor susulan di wilayah tersebut.

PPK 2.3 Batas Provinsi Bengkulu -Sp.Gunung Kemala Padang Tambak Joko Wisargo, S.T.M.T, melalui koordinator pelaksana teknik Rusmadi Gani, S.T M.T, mengatakan Selain memprioritaskan pengamanan dan kelancaran arus lalu lintas, pihaknya tetap akan menyiagakan alat berat di lokasi rawan longsor baik di Lambar maupun Pesisir Barat.

“Prioritas kami adalah melakukan pengamanan dan melancarkan arus lalulintas jalan, disamping itu beberapa lokasi yang rawan terjadi longsor telah kita siagakan alat berat,” terang Rusmadi. 

BACA JUGA:Kasus Pembuangan Bayi, Polres Pringsewu Tetapkan Tersangka Baru

Secara teknis, terus dia, penanganan dilakukan secara menyeluruh untuk memastikan tidak ada material longsor yang menutupi bahu jalan sehingga mengganggu arus lalulintas.

“Selain fokus pada penanganan longsor di jalur Liwa-Krui saat ini kami juga tengah menangani jalan amblas di Kilometer 5 Pekon Kubuperahu, meski sedikit terkendala karena cuaca ekstrim dan sempat banjir tapi pekerjaan tetap berlanjut dan kita target sebelum akhir tahun seluruh penanganan selesai,”imbuhnya.

Diketahui, sebelumnya Hujan lebat yang mengguyur sejak sore memicu bencana tanah longsor yang menimbun ruas jalan Liwa-Krui tepatnya di KM 20 Kawasan TNBBS, Pekon Kubuperahu, Kecamatan Balikbukit, Selasa, (11/10 2022) sekitar pukul 16.00 WIB lalu.

Material longsor yang menutupi separuh badan jalan itu kini telah dibersihkan oleh Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) bersama petugas BPJN PPK 2.3 wilayah 2. saat  ini arus lalulintas berjalan lancar meski sebelumnya petugas sempat memberlakukan sistem buka-tutup jalan.

BACA JUGA:Ratusan Wartawan Ngeluruk Sekretariat Pemkab dan DPRD Lampura, Tuntut Pembayaran Kerjasama

Kepala BPBD Lambar Padang Priyo Utomo melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik Mekal Novisa membenarkan kejadian tersebut, usai mendapat Informasi, Pusat Pengendali Operasi penanggulangan bencana (Pusdalops-PB) segera merespon dengan menurunkan TRC untuk  ke lokasi.

“Sebagian badan jalan di KM 20 sempat tertimbun longsor sehingga mengganggu arus lalu lintas. Satgas TRC dan Satgas PB terdekat langsung ke lokasi untuk melakukan penanganan dan kini arus lalulintas sudah lancar,” jelasnya

Untuk penanganan lebih lanjut terus Mekal, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak BPJN  Wilayah Lampung Barat untuk segera menurunkan alat berat. 

“Meski sudah lancar, namun kita harapkan BPJN tetap menurunkan alat berat untuk membersihkan total material longsoran dan juga penataan kembali bahu jalan,” imbuhnya.(edi/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: