Kodim 0424 Bersama Pemkab Tanggamus Gelar Kegiatan TMMD Ke-115

Kodim 0424 Bersama Pemkab Tanggamus Gelar Kegiatan TMMD Ke-115

Bupati Dewi Handajani sematkan tanda peserta dan serahkan alat kerja kepada perwakilan personil TMMD - foto Edi Herliansyah--

TANGGAMUS, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kodim 0424 Bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Tanggamus menggelar kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-115 tahun 2022. 

Kegiatan dibuka bupati Dewi Handajani melalui Upacara yang berlangsung di lapangan Kecamatan Air Naningan, Selasa 11 Oktober 2022. 

Turut hadir Kepala Staf resort militer (Kasrem) 043 Garuda Hitam Kolonel Inf Prasetyo, wakil Bupati AM Syafi'i, Dandim 0424 Tanggamus Letkol Arm. Micha Arruan, Forkopimda, para kepala dinas instansi badan dan bagian, camat serta kepala Pekon.

Pada upacara pembukaan TMMD bupati Dewi Handajani melakukan penyematan tanda peserta sekaligus penyerahan alat kerja kepada perwakilan personil TMMD. 

Selain itu pembagian sembako kepada sejumlah masyarakat setempat. 

Bupati Dewi Handajani dalam sambutannya mengatakan, Kami atas nama masyarakat Sinarjawa khususnya dan pemerintah Kabupaten Tanggamus mengucapkan terima kasih kepada Bapak Dandim dan seluruh personil Kodim 0424/Tanggamus yang akan melaksanakan kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-115 di Pekon Sinarjawa Kecamatan Air Naningan. 

Tema yang diusung adalah “TMMD Dedikasi Terbaik Membangun Negeri“. 

“Selanjutnya, kita berharap akan banyak hasil serta manfaat dari pelaksanaan kegiatan TMMD antara lain, dengan dibukanya akses jalan maka akan menunjang ekonomi masyarakat, mobilitas lebih mudah dan lancar bagi masyarakat Sinarjawa dan sekitarnya, muaranya kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat menuju terwujudnya pekon maju mandiri,” tuturnya. 

Dilanjutkan Dewi Handajani Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan kegiatan operasional sebagai wujud bakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu oleh satuan jajaran TNI bersama Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pekon bersama masyarakat atas inisiatif sendiri dan atas permintaan yang dilaksanakan secara rutin sesuai kemampuan satuan dalam rangka membantu kesulitan masyarakat di sekitar wilayah satuan Kodim 0424/Tanggamus, untuk memperkokoh kemanunggalan TNI – Rakyat. 

Sasaran Kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-115 yang dilaksanakan saat ini adalah Bidang Fisik dan Non Fisik, adapun sasaran fisik bertujuan untuk meningkatkan sarana dan prasarana wilayah, fasilitas sosial dan fasilitas umum lainnya.

Meningkatkan akses jalan di Pekon Sinarjawa, khususnya di Dusun Batu Saeng, Dusun Talang Ogan, Dusun Talang Curup dan Dusun Sindang Bunga.

“Sedangkan dalam bidang Non Fisik bertujuan untuk Terwujudnya pemahaman tentang wawasan kebangsaan; Terwujudnya pemahaman tentang bela negara; Terwujudnya kemanunggalan antara TNI dengan Rakyat baik secara emosional dan institusional; Terwujudnya pemahaman tentang pencegahan stunting; terwujudnya pemahaman tentang mitigasi bencana; Terwujudnya pemahaman tentang cara mendidik anak secara baik dan benar; Terwujudnya pemahaman tentang kesehatan; Meningkatkan pengetahuan dalam Bidang Pertanian dan Perkebunan; Meningkatkan iman dan taqwa serta terpeliharanya kerukunan antar umat beragama,” terang bupati. 

Dansatgas TMMD ke 115 Letkol. Arm Micha Arruan mengatakan, dasar Pelaksanaan TMMD diantaranya, surat telegram Danrem 043/Gatam nomor : ST/35/2021/ tanggal 22 Januari 2021 tentang perintah menyusun rencana sasaran TMMD terpadu TA.2022 (TMMD ke – 113, TMMD ke – 114, TMMD ke – 115).

Selanjutnya Surat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tanggamus Nomor : 324/1001c/34/2022 tanggal 9 September 2022 tentang Penawaran Kerjasama Kegiatan TMMD Ke-115 di Pekon Sinar Jawa Kecamatan Air Naningan Kabupaten Tanggamus TA. 2022; dan Program kerja Kodim 0424/Tanggamus TA. 2021 bidang Teritorial khususnya bidang Bakti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: