Jebol, Warga RT 01 Kedaton Harapkan Perbaikan Pengerukan Tanggul dan Normalisasi Sungai

Jebol, Warga RT 01 Kedaton Harapkan Perbaikan Pengerukan Tanggul dan Normalisasi Sungai

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Tanggul penahan air di Sungai Waybelau Jalan Pagar Alam, Gang Cendana, RT 01 Kelurahan Kedaton, Bandarlampung jebol sehingga air meluber ke wilayah pemukiman penduduk setiap hujan turun. Selain itu, sungai tersebut sudah jarang dilakukan perawatan.

Akibat jebolnya tanggul tersebut hampir satu RT 01 tergenang banjir sekitar ketinggian air mencapai antara 180 hingga 200 cm dan menenggelamkan rumah-rumah warga dari limpahan Waybelau.

Menurut warga setempat Yensi mengatakan, banjir di RT 01 wilayah tempat tinggalnya bukan pertama kali terjadi. Melainkan setiap kali turun hujan air selalu meluap.

Ia menjelaskan tanggul penahan air yang terletak di gang cendana tersebut. Di bangun pada tahun 2018. Tak lama berselang tanggul jebol kembali dan mengakibatkan air meluap setiap hujan turun. 

BACA JUGA:Buka Roadshow Bus KPK, Arinal Berpesan Jaga Integritas dan Tingkatkan Akhlak

Pihaknya mengaku pernah mengajukan surat permohonan untuk dilakukan perbaikan ke pihak kelurahan setempat namun hanya di bangun sebagiannya saja pada tahun 2021. 

"Iya mas yang di bangun itu tidak semua tersisa sekitar 5 meter kemudian sisanya itu di bangun oleh warga cera swadaya tapi karena terlalu kuat intensitas air saat hujan, maka perbaikan itu tak lama jebol lagi", terangnya. Pada jumat (23/9)

Tambahnya. Banjir yang sering terjadi selain penyebab dari tanggul jebol juga kurangnya perawatan. Tidak pernah dilakukan pengerukan oleh pihak kelurahan setempat.

"Harapan kami pemerintah segera melakukan perbaikan. Selain itu ada perawatanya seperti dilakukan pengerukan sebab sungai ini sudah cukup dangkal sehingga air mudah untuk meluber ke rumah-rumah warga," harapnya.

BACA JUGA:Seleksi Terbuka JPTP Kepala Dishub Tak Dilanjutkan, Satu Pendaftar Kandas

Sementara saat hendak di konfirmasi ke pihak lurah kedaton kecamatan kedaton Bandarlampung. Yang bersangkutan sedang tidak ada di tempat. (ion/mlo)

 

 

Sumber: