DP3AKB Pesbar Sosialisasikan SRA di Ponpes Miftahurrohmah

DP3AKB Pesbar Sosialisasikan SRA di Ponpes Miftahurrohmah

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) mengadakan sosialisasi Sekolah Ramah Anak (SRA) dan pencegahan kekerasan terhadap anak yang dipusatkan di aula Balai Pelatihan Kerja, Pondok Pesantren (Ponpes) Miftahurrohmah, Pekon Seray Kecamatan Pesisir tengah, Jumat (23/9).

Hadir dalam kesempatan itu, Kepala DP3AKB Pesbar dr.Budi Wiyono, M.H., beserta rombongan, perwakilan dari Ponpes Miftahurrohmah Agus Fatulloh, uspika Kecamatan, yang dihadiri peserta sekitar 100 santri yang berasal dari Ponpes setempat, dan pihak terkait lainnya.

Dalam Kesempatan itu, Kepala DP3AKB Pesbar, Budi Wiyono, mengatakan, kegiatan sosialisasi SRA maupun pencegahan kekerasan terhadap anak ini masih terus dimaksimalkan, seperti di Ponpes Miftahurrohmah ini. 

Sehingga, kedepan diharapkan seluruh santri di lingkungan Ponpes maupun pengasuh, dan juga guru pembina benar-benar memahami terkait dengan pencegahan kekerasan terhadap anak tersebut.

BACA JUGA:Peratin Alfi Bangga Tumbuhnya Tunas Muda Lestarikan Seni Kuntau Semende

“Karena itu dalam kegiatan ini ada berapa materi yang kita sampaikan seperti pencegahan bullying, konvensi hak anak dan implementasi SRA di Ponpes, hingga tentang peninjauan pidana dan pencegahan kekerasan terhadap anak,” katanya.

Untuk itu, lanjutnya, dengan dilaksanakannya kegiatan ini juga tentu diharapkan agar seluruh keluarga besar Ponpes seperti di Ponpes Miftahurrohmah ini dapat mengimplementasikan konvensi hak anak dan menerapkan prinsip-prinsip sekolah ramah anak tersebut. 

Dengan begitu diharapkan tidak terjadi adanya kekerasan terhadap anak didik, baik kekerasan seksual maupun kekerasan fisik.

“Dengan begitu anak akan lebih merasa aman dan nyaman di Ponpes. Kita juga tentu meminta agar para santri untuk dapat menghindari adanya kekerasan terhadap sesama santri,” jelasnya.

BACA JUGA:Hadirkan Program Figur Inspiratif UMKM, BRI Ajak Pelaku Usaha Semakin Bertumbuh

Masih kata dia, dalam kegiatan ini juga adanya kesepakatan kerjasama antara Ponpes dengan DP3AKB Pesbar yang didukung oleh Polsek Pesisir Tengah untuk mengimplementasikan sekolah ramah anak di Ponpes setempat. 

Sehingga dengan adanya sosialisasi dan juga kesepakatan kerjasama tersebut diharapkan sekolah ramah anak dan juga konvensi hak anak di Ponpes ini benar-benar diterapkan maksimal.

“Kita berharap dengan dilakukan sosialisasi ini kedepan ada hasilnya, untuk itu peran serta Ponpes juga sangat diharapkan untuk mengimplementasikan sekolah ramah anak tersebut,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)

 

Sumber: