Pengunjung Destinasi Wisata di Lambar Tembus 1 Juta Wisatawan

Pengunjung Destinasi Wisata di Lambar Tembus 1 Juta Wisatawan

Plt. Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Burlianto Eka Putra, S.H--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Lambar mencatat 1.111.640 orang mengunjungi destinasi wisata unggulan di daerah itu sejak Januari hingga Agustus tahun 2022.

“Data kunjungan sejak Januari hingga Agustus untuk Destinasi Wisata yang dikelola oleh kelompok sadar wisata (Pokdarwis) sebanyak 1.111.640 orang, rinciannya wisatawan nusantara mencapai 1.111.588 orang dan wisatawan mancanegara 52 orang,” ungkap Plt. Kepala Disporapar Burlianto Eka Putra, S.H.

Dijelaskannya, sebanyak 1.111.640 pengunjung wisatawan itu rinciannya bulan Januari sebanyak 122.430 orang, bulan Februari 107.688 orang, bulan Maret 146.994 orang, bulan April 144.696 orang, bulan Mei 129.308 orang, bulan Juni 128.767 orang, bulan Juli 167.522 dan di bulan Agustus mencapai 164.235 orang.

”Data kunjungan ini murni dari laporan Pokdarwis yang tersebar di 39 destinasi wisata. Kita berharap pengunjung destinasi wisata di Lampung Barat terus mengalami peningkatan,” harapnya.

BACA JUGA:ASN Terdakwa Kasus KDRT Dituntut 8 Bulan Penjara, Tim Kuasa Hukum Korban akan Bersurat ke Kejagung

Menurut dia, adapun 39 destinasi wisata yang ada di Kabupaten Lambar, diantaranya wisata alam pohon Pinus Kecamatan Sumberjaya, Temiangan Hill Pekon Trimulyo Kecamatan Gedungsurian, wisata air terjun Cengkaan di Pekon Waypetai Kecamatan Sumberjaya, Puncak Rest Area Sindangpagar Kecamatan Sumberjaya, Wisata Agro Kampung Kopi Pekon Rigisjaya Kecamatan Airhitam. 

Kemudian, wisata air terjun Pekon Tambakjaya Kecamatan Waytenong, wisata Gunungpesagi dan Budaya Pekon Hujung Kecamatan Belalau, wisata alam Bukit Bawang Kecamatan Batubrak, wisata Kebun Raya Liwa, wisata Geotermal Kawah Keramikan, Nirwana dan Danau Lebar Kecamatan Suoh, Wisata Danau Asam Kecamatan Bandarnegeri Suoh, dan Gunungseminung Pekon Kagungan Kecamatan Lumbokseminung.

Diharapkan menggeliatnya kunjungan wisatawan ke objek-objek wisata di Kabupaten Lambar tentunya turut berdampak positif terhadap pendapatan daerah dan perekonomian masyarakat.

“Sektor pariwisata merupakan salah satu program unggulan Lampung Barat dalam meningkatkan kunjungan, pendapatan daerah dan perekonomian masyarakat,” pungkas dia. (lus/mlo)

 

Sumber: